Sabtu 10 Sep 2022 14:20 WIB

Ajak Siswa Peduli Lingkungan, SD Prestasi Global  Gelar Pekan Lingkungan

Sekolah Prestasi Global melaksanakan pekan lingkungan setiap tahun.

SD Prestasi Global Depok menggelar pekan lingkungan, 1-8 September 2022.
Foto: Dok Sekolah Prestasi Global
SD Prestasi Global Depok menggelar pekan lingkungan, 1-8 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – SD Prestasi Global Depok  melaksanakan kegiatan pekan lingkungan. Kegiatan itu diadakan di Sekolah Prestasi Global, Jalan  Palem I nomor 1 Mampang Indah Dua Rangkapan Jaya,  Pancoran Mas,  Kota Depok, 1-8 September 2022. Adapun rangkaian acaranya adalah mendaur ulang barang bekas, patroli kebersihan, bank sampah dan penyuluhan tentang manfaat sampah dan hasil karyanya.

Pucak tema kegiatan tersebut diadakan pada Kamis (8/9/2022). Seluruh siswa berkumpul di lapangan.  Meski cuaca sedikit mendung dan rintik gerimis turun, antusiasme  siswa tetap semangat mengikuti acara ini.

Dalam sambutannya, Kepala SD Prestasi Global Mustopa mengatakan agar setiap siswa dapat  terus berbuat lebih baik dalam hal  kepeduliannya  ke lingkungan terutama dalam hal kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah. “Siswa wajib mengetahui jenis-jenis sampah agar nantinya siswa menjadi peka terhadap pentingnya menjaga ekosistem yang ada terutama dalam mengatasi isu global warming,” kata Mustopa dalam rilis yang diterima Republika.co.id, Jumat (9/9/2022).

Direktur Sekolah Prestasi Global Ahmad Faisal mengatakan, Sekolah Prestasi Global dalam visinya menjadikan sekolah yang peduli lingkungan dalam penerapannya selalu melaksanakan kegiatan pekan lingkungan setiap tahun. “Hal itu diwujudkan dengan berbagai macam acara yang dapat menumbuhkembangkan cinta anak dalam menjaga ekosistem alam dan keseimbangan semesta agar tersipta kehidupan masa depan yang harmoni dan sehat,” kata Ahmad Faisal.

Ia menambahkan, tema tahun ini adalah  mendaur ulang dengan tema “Mengubah barang bekas menjadi barang bermanfaat”.  “Kegiatannya siswa diminta mengumpulkan barang bekas dan mengubahnya menjadi banyak benda yang bermanfaat seperti dompet, tempat pensil, tempat tisu, tempat pulpen dan banyak lagi yang lainnya,” ujarnya.

Dalam pucak tema kegiatan ini dilaksanakan kegiatan penyuluhan tentang daur ulang sampah oleh Tim Bank Sampah Kota Depok yang sangat edukatif dan menyenangkan buat siswa.  Ini ditandai banyaknya siswa yang bertanya setelah sesi penyuluhan ini.  Tidak lupa pula Tim Bank Sampah juga menerima barang-barang bekas sampah plastik  yang siswa bawa untuk dijual menjadi barang yang bernilai ekonomis.

Faisal mengemukakan, ke depannya kegiatan ini tidak hanya sampai di sini saja namun harus ada sinergi antara sekolah dan orang tua dalam rangka kampanye lingkungan yang lebih baik minimal ikut berpartisipasi aktif tidak menggunakan barang barang yang pada akhirnya merusak lingkungan. “Proses pembelajaran siswa dalam hal ini adalah modal masa depan yang sangat baik mengingat kondisi bumi saat ini sudah sangat mengkhawatirkan dengan adanya fenomena pemanasan global (global warming),” ujarnya.

Faisal berharap,sekecil apapun apa yang sudah dilakukan oleh siswa-siswi SD Prestasi Global dapat kiranya menjadi bagian kecil untuk dapat mejaga ekosistem bumi menjadi lebih baik.  “Kami berharap kegiatan ini terus berkelanjutan di rumah siswa masing-masing untuk peduli terhadap masa depan bumi yang hijau dan sehat serta aman bagi kehidupan manusia,” kata Faisal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement