Sabtu 10 Sep 2022 07:55 WIB

Tokopedia Ungkap Tren Belanja di Kategori Olahraga

Tokopedia menggencarkan inisiatif Hyperlocal dengan mengusung teknologi geo-tagging.

Ilustrasi Aplikasi Tokopedia
Foto: tokopedia.com
Ilustrasi Aplikasi Tokopedia

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Platform e-commerce Tokopedia mengungkapkan tren belanja di kategori olahraga, seiring dengan Hari Olahraga Nasional. "Subkategori Sepeda, Hiking dan Camping, Aksesoris Olahraga, Sepak Bola hingga Alat Pancing menjadi yang paling populer pada kategori Olahraga di Tokopedia selama semester I 2022," ujar External Communications Senior Lead Tokopedia, Rizky Juanita Azuz dalam keterangannya, Sabtu (10/9/2022).

Tren tersebut memicu Tokopedia untuk menghadirkan sederet inisiatif untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sekaligus mendukung para pegiat usaha lokal dari bidang olahraga. Ada Sportacular yang menampilkan berbagai produk kebutuhan olahraga terkurasi dari pegiat usaha lokal.

Baca Juga

"Salah satunya HappyFit. UMKM lokal ini mengalami kenaikan nilai transaksi hingga 1,5 kali lipat di Agustus 2022 dibandingkan bulan yang sama di 2021," kata Rizky.

Tokopedia juga menggencarkan inisiatif Hyperlocal dengan mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual setempat. Masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien dan UMKM di seluruh penjuru Indonesia berkesempatan sama untuk tumbuh.

Bangga Buatan Indonesia adalah contoh manifestasi Hyperlocal yang mengkurasi berbagai produk dari UMKM lokal, termasuk di kategori Olahraga.

Rizky melanjutkan, pendekatan Hyperlocal juga diterapkan pada layanan fulfillment Dilayani Tokopedia sehingga penjual produk olahraga bisa menitipkan produk di gudang-gudang pintar Tokopedia pada wilayah dengan permintaan tinggi.

Berkat berbagai inisiatif berpendekatan Hyperlocal, Tokopedia melihat sejumlah temuan menarik berkaitan dengan kategori Olahraga selama semester I 2022. Pekanbaru, Palembang, Manado, Bandung Barat dan Malang mengalami peningkatan jumlah pembeli tertinggi.

"Beberapa wilayah dengan peningkatan jumlah transaksi tertinggi adalah Palembang, Bandung Barat, Malang, Manado dan Pekanbaru, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 2x lipat. Sedangkan wilayah dengan peningkatan jumlah penjual tertinggi adalah Manado, Semarang, Gianyar, Malang dan Balikpapan, dengan rata-rata peningkatan hampir 3,5x lipat," jelas Rizky.

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement