Jumat 09 Sep 2022 19:06 WIB

Ferry Kono Mundur, Harry Warganegara Plt Sekjen KOI

Konsentrasi KOI tak akan terganggu untuk menyiapkan segala hal serta agenda.

Rep: Fitriyanto/ Red: Endro Yuwanto
Sekjen KOI Ferry Kono memutuskan mundur per 5 September 2022.
Foto: Dok Komite Olimpiade Indonesia
Sekjen KOI Ferry Kono memutuskan mundur per 5 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Permohonan pengunduran diri Ferry Kono dari jabatannya sebagai sekretaris jenderal (sekjen) telah diterima Komite Olimpiade Indonesia (KOI). Posisi tersebut selanjutnya digantikan Wakil Sekretaris Jenderal I, Harry Warganegara, yang akan menjabat sebagai pelaksana tugas (plt) Sekjen KOI.

Ferry Kono menyampaikan pengunduran diri secara resmi melalui surat yang ditujukan kepada Ketua Umum KOI Raja Sapta Oktohari tertanggal 5 September 2022. Dalam surat tersebut, Ferry menyampaikan penguduran dirinya karena harus berkonsentrasi dengan kegiatan lain di luar olahraga yang menyita banyak waktu.

“Pada rapat Komite Eksekutif NOC Indonesia, Senin (5/9/2022), saudara Ferry menyatakan keinginan pengunduran dirinya dan kami juga telah menerima surat resminya. Rapat Komite Eksekutif tersebut memutuskan menerima pengunduran diri yang bersangkutan,” kata Okto, sapaan karib Raja Sapta dalam rilis KOI, Jumat (9/9/2022).

Berdasarkan Anggaran Dasar Komite Olimpiade Indonesia Poin 31.3 tertulis Sekretaris Jenderal, Bendahara, dan Wakil Bendahara diangkat oleh Ketua Umum dengan mendapat persetujuan Komite Eksekutif sebagai karyawan Komite Olimpiade Indonesia.

Dengan pengunduran diri yang disampaikan Ferry, maka Rapat Komite Eksekutif NOC Indonesia 5 September lalu sekaligus menyepakati Harry Warganegara yang akan menjabat sebagai Plt Sekretaris Jenderal. Putusan ini resmi ditetapkan melalui Surat Keputusan nomor 21/NOC-INA/KE/2022 tertanggal 5 September 2022 tentang Perubahan Pengurus Komite Olimpiade Indonesia Masa Bakti 2019-2023. Informasi ini juga telah distribusikan ke semua federasi nasional anggota NOC Indonesia.

Menurut Okto, Plt Sekjen akan dibantu tiga wakil sekjen lain, yaitu Wijaya Noeradi, Josephine Tampubolon, dan Daniel Loy.

"Transisi ini tidak akan mengganggu konsentrasi kami untuk menyiapkan segala hal serta agenda Komite Olimpiade Indonesia yang sudah terancang. Baik itu Olympic Day Komite Olimpiade Indonesia Fun Run yang akan diadakan 18 September serta persiapan SEA Games 2023 Kamboja, Asian Games 2022 Hangzhou, hingga kesiapan menjadi tuan rumah ANOC World Beach Games karena kami bekerja untuk kepentingan atlet dan cabor,” kata Okto menjelaskan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement