Jumat 09 Sep 2022 13:48 WIB

Elton John Hingga Mick Jagger Ucapkan Belasungkawa Atas Kepergian Ratu Elizabeth II

Elton John hingga Mick Jagger berbagi kesedihan melalui media sosial.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Elton John hingga Mick Jagger berbagi kesedihan melalui media sosial.
Foto: EPA
Elton John hingga Mick Jagger berbagi kesedihan melalui media sosial.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kematian Ratu Elizabeth II membuat dunia terhenti sementara pada Kamis (8/9/2022) waktu setempat. Tokoh budaya pop yang dihormati ratu, Elton John, Helen Mirren, dan Mick Jagger berbagi kesedihan mereka di media sosial.

Sang ratu, yang merupakan penguasa terlama di Inggris, meninggal di kediaman musim panasnya di Skotlandia pada Kamis pagi. Ia meninggal dunia dalam usia 96 tahun.

Baca Juga

"Dia adalah sosok yang menginspirasi untuk berada di sekitar dan memimpin negara melalui beberapa momen terbesar dan tergelap dengan rahmat, kesopanan, dan kehangatan kepedulian yang tulus," kata John dalam sebuah pernyataan yang diunggah di Twitter dilansir LA Times, Jumat (9/9/2022).

John mengatakan Ratu Elizabeth II telah menjadi bagian besar dalam hidupnya sejak kecil hingga sekarang. “Saya akan sangat merindukannya,” ujar dia.

John, Mirren, dan Jagger hanyalah segelintir tokoh terkenal yang menerima gelar ksatria atau wanita terhormat di bawah pemerintahan ratu, yang dimulai pada 1952 ketika dia baru berusia 25 tahun. Ratu Elizabeth menganugerahkan salah satu gelar ksatria pertamanya kepada dokter Walter Fergusson Leisrinck Hannay pada 1952. 

Gelar itu merupakan perayaan kontribusi individu kepada masyarakat Inggris, yang berkembang menjadi apresiasi simbolis untuk karya seniman di seluruh musik, film dan televisi, teater, sastra, dan banyak lagi. Seperti John, yang dianugerahi gelar bangsawan pada 1998, Mirren mengingat ratu di media sosial. 

“Saya bangga menjadi seorang Elizabethan. Kami berduka untuk seorang wanita, yang, dengan atau tanpa mahkota, adalah lambang bangsawan,” kata Mirren di Instagram.

Mirren, yang ditunjuk sebagai dame pada 2003, kemudian berperan sebagai mendiang raja dalam film The Queen pada 2006. Mirren memenangkan aktris utama Oscar, sementara film tersebut mengumpulkan enam nominasi Academy Award, termasuk untuk film dan sutradara terbaik. Di Instagram, Jagger menulis peran Ratu Elizabeth II. 

“Sepanjang hidupku, Yang Mulia, Ratu Elizabeth II selalu ada di sana. Di masa kecil saya, saya ingat menonton sorotan pernikahannya di TV. Saya mengingatnya sebagai seorang wanita muda yang cantik, kepada nenek yang sangat dicintai bangsa ini,” tulis Jagger.

Dia menyampaikan rasa simpati kepada keluarga Kerajaan. Mantan juri “The Great British Bake Off” dan pembuat kue Dame Mary Berry mengingat ratu dalam sebuah gambar yang diunggah ke akun Instagram yang dia bagikan dengan asistennya, Lucy Young, sementara model era 60-an yang terkenal Dame Twiggy Lawson berkata sulit membayangkan hidup tanpa kehadiran ratu.

“Hari ini adalah hari yang sangat menyedihkan tidak hanya untuk negara kita tetapi juga untuk seluruh dunia. Saya sangat berduka atas meninggalnya Raja kita tercinta, Yang Mulia Ratu. Dia akan dikenang karena kesetiaan dan pelayanannya yang teguh,” kata perancang busana dan mantan penyanyi Spice Girls, Victoria Beckham, yang menerima OBE (Officer of the Most Excellent Order of the British Empire). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement