Saturday, 16 Jumadil Awwal 1444 / 10 December 2022

10 Fakta tentang Ratu Elizabeth II yang Belum Anda Tahu

Jumat 09 Sep 2022 12:50 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Esthi Maharani

 Foto Ratu Elizabeth II dari Inggris dipasang di jalan London, Kamis, 8 September 2022, setelah kematiannya diumumkan. Ratu Elizabeth II, raja paling lama memerintah Inggris dan batu stabilitas di sebagian besar abad yang bergejolak, meninggal Kamis setelah 70 tahun di atas takhta. Dia berusia 96 tahun.

Foto Ratu Elizabeth II dari Inggris dipasang di jalan London, Kamis, 8 September 2022, setelah kematiannya diumumkan. Ratu Elizabeth II, raja paling lama memerintah Inggris dan batu stabilitas di sebagian besar abad yang bergejolak, meninggal Kamis setelah 70 tahun di atas takhta. Dia berusia 96 tahun.

Foto: AP/Christophe Ena
Ada 10 fakta mengejutkan dan tak terduga tentang Ratu Elizabeth II

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Kabar duka datang dari Keluarga Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II meninggal pada usia 96 tahun. Kabar tersebut membuat dunia berkabung. Para tokoh dunia, selebriti, dan warganet berbondong-bondong berbagi belasungkawa.

Saat dunia berduka atas kehilangan pemimpin monarki terlama dalam sejarah Inggris, banyak dari kita yang tidak begitu mengenal sosok ratu. Ada 10 fakta mengejutkan dan tak terduga tentang Ratu Elizabeth II, seperti dilansir Cosmopolitan, Jumat (9/9/2022):

Baca Juga

1. Tidak memerlukan SIM untuk mengemudi

Tidak seperti kita semua yang harus mengikuti tes untuk mengemudikan mobil secara legal, sang ratu tidak mengikuti aturan seperti itu. Faktanya, dia adalah satu-satunya orang di Inggris yang tidak perlu memiliki SIM untuk mengemudi. Selain itu, dia juga tidak memegang paspor untuk berkunjung ke negara lain.

2. Ratu yang paling banyak menjelajahi negara dibandingkan pemimpin lain

Ratu Elizabeth II dikenal sebagai pemimpin yang gemar berkunjung ke negara lain dibandingkan raja Inggris sebelumnya. Selama masa pemerintahannya, dia mengunjungi lebih dari 100 negara, termasuk Kanada 22 kali dan Prancis 13 kali.

3. Mempunyai ATM pribadi

Meskipun dia jarang membutuhkan uang tunai, dia memiliki ATM pribadi di ruang bawah tanah Istana Buckingham. Courtesy of Coutts bank, ATM yang hanya dimiliki oleh anggota Keluarga Kerajaan.

4. Menjadi sopir truk selama Perang Dunia II

Sebelum mengambil alih takhta dari ayahnya, Putri Elizabeth saat itu mengajukan diri sebagai sopir truk dan mekanik selama Perang Dunia II. Ini menjadikannya sebagai anggota wanita pertama dari Keluarga Kerajaan yang bertugas di militer.

5. Beli gaun pengantin dengan kupon jatah

Karena langkah-langkah penghematan pasca-perang di Inggris, Putri Elizabeth saat itu harus menggunakan kupon jatah pakaian untuk membeli bahan gaun pengantinnya. Menurut British Heritage, pemerintah mengizinkan 200 kupon jatah ekstra untuk melakukan pembelian.

6. Mencuci piringnya sendiri

Ratu Elizabeth II benar-benar mencuci piringnya sendiri. Pakar kerajaan dan penulis Harry Mount mengingat bahwa seorang mantan punggawa kerajaan pernah mengatakan kepadanya, “Saya pernah makan siang saat syuting. Di akhir makan siang, saya mendengar seseorang berkata, 'Saya akan mencuci pakaian.’ Saya berbalik dan ada Ratu dengan sarung tangan cuci kuningnya."

7. Mengirimkan lebih dari 300 ribu kartu kepada penggemar kerajaannya

Sebagai bagian dari perannya sebagai kepala Kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth II mengirim lebih dari 300 ribu kartu ucapan selamat kepada orang-orang yang merayakan ulang tahun ke-100 mereka dan lebih dari 900 ribu pesan kepada pasangan yang menandai ulang tahun pernikahan berlian mereka.

8. Pecinta anjing Corgi

Sang ratu memiliki lebih dari 30 anjing Corgi dalam hidupnya. Sebagian besar Corgi ratu diturunkan dari Corgi pertamanya, Susan, yang diberikan kepadanya pada ulang tahunnya yang kedelapan belas pada tahun 1944. Beberapa corgi lainnya termasuk Candy, Lissy dan Monty.

9. Membuka Gedung Opera Sydney

Sydney Opera House yang terletak di Australia dibuka oleh Ratu Elizabeth II. Gedung tersebut dikenal sebagai landmark Australia yang sekarang ikon pada 20 Oktober 1973.

10. Mengirim pesan ke Bulan

Untuk memberi selamat kepada para astronot Apollo 11 atas pendaratan di bulan pertama pada 21 Juli 1969, pesan pra-rekaman dari Ratu Elizabeth II disimpan di Bulan dalam wadah logam.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA