Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Mesir Konfirmasi Kasus Pertama Cacar Monyet

Kamis 08 Sep 2022 21:01 WIB

Red: Nur Aini

Virus cacar monyet. Otoritas Mesir mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di negara tersebut pada Rabu (7/9/2022), seperti dilansir Kantor Berita Anadolu.

Virus cacar monyet. Otoritas Mesir mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di negara tersebut pada Rabu (7/9/2022), seperti dilansir Kantor Berita Anadolu.

Foto: CDC
Warga Mesir yang terinfeksi cacar monyet dikarantina di sebuah rumah sakit

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Otoritas Mesir mengonfirmasi kasus pertama cacar monyet di negara tersebut pada Rabu (7/9/2022), seperti dilansir Kantor Berita Anadolu.

Kementerian Kesehatan Mesir mengatakan seorang warga negara berusia 42 tahun, yang memiliki tempat tinggal di salah satu negara Eropa, dikarantina di sebuah rumah sakit. Kendati kondisi pasien stabil, protokol kesehatan yang diperlukan telah diterapkan bagi mereka yang melakukan kontak dengan pasien, katanya.

Baca Juga

Cacar monyet merupakan virus penyebab penyakit yang gejalanya mirip dengan cacar, seperti demam, munculnya ruam dan pembengkakan kelenjar getah bening.

Menurut Reuters, Organisasi Kesehatan Pan-Amerika (PAHO) melaporkan sedikitnya 21.200 kasus cacar monyet yang terkonfirmasi di benua Amerika. Lebih dari 80 negara di seluruh dunia juga telah melaporkan kasus baru cacar monyet, yang endeminya terjadi di wilayah Afrika.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperingatkan bahwa orang dengan imun yang sedikit bisa berisiko mengalami gejala lebih serius dan kematian setelah terinfeksi cacar monyet. Hampir 42 ribu kasus cacar monyet dilaporkan di seluruh dunia sejak Mei.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA