Kamis 08 Sep 2022 17:20 WIB

Lewandowski Cetak Hattrick untuk Barcelona, Xavi Angkat Topi

Xavi menilai Lewandowski penyerang terbaik di dunia untuk Barcelona.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Israr Itah
 Pemain Barcelona Robert Lewandowski merayakan golnya ke gawang Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions.
Foto: AP/Joan Monfort
Pemain Barcelona Robert Lewandowski merayakan golnya ke gawang Viktoria Plzen dalam lanjutan Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona memulai Liga Champions musim 2022/23 dengan hasil impresif. Blaugrana menang besar 5-1 atas Viktoria Plezen pada laga pembuka Grup C di Stadion Camp Nou, Kamis (8/9/2022) dini hari WIB.

Hasil ini sangat penting mengingat Barcelona tergabung dalam grup neraka. Dua tim lain yang juga berada di Grup C adalah raksasa Jerman Bayern Muenchen dan wakil Italia Inter Milan. Menang atas Plzen wajib hukumnya, terlebih dengan skor besar, demi menjaga kemungkinan hitung-hitungan selisih gol pada akhir fase grup.

Baca Juga

Robert Lewandowski menjadi bintang dalam kemenangan besar tim asuhan Xavi Hernandes ini. Striker asal Polandia mencetak hattrick ke gawang tim tamu. Setelah duel berjalan, ia terpilih sebagai man of the match, yang diapresiasi oleh Xavi.

"Saya tidak tahu apakah Robert striker terbaik di Eropa, tetapi bagi kami dia yang terbaik. Dia membantu kami bermain, dia menekan, dia memberi kami banyak solusi dalam serangan," kata Xavi, dikutip dari laman UEFA.com.

Sang penyerang dinilai telah berada di level kedewasaaan total sebagai pemain. Seseorang yang tidak hanya unggul secara teknis, melainkan juga mampu menyuntikkan mental juara ke dalam tim.

Cukup wajar mengingat usia eks juru gedor FC Bayern itu sudah menyentuh angka 34. Namun Lewi belum menunjukkan tanda-tanda penurunan performa. Ia tetap menjadi momok bagi pertahanan lawan.

"Robert tak pernah merasa puas dalam urusan mencetak gol dan mengejar kemenangan," ujar Xavi.

Pada kesempatan yang sama, sang arsitek juga menyanjung Dembele. Ia puas melihat kinerja winger asal Prancis itu. Menurutnya, Dembele memiliki keterampilan luar biasa dalam situasi satu lawan satu.

"Jika berada dalam performa terbaiknya, dia sebanding dengan Neymar," tutur Xavi.

Setelahnya, sang entrenador meminta para penggawa Barcelona tak berlebihan merayakan kemenangan. Ada banyak pertandingan menunggu mereka. Pada akhir pekan ini, Barcelona bertamu ke Estadio Nuevo Mirandilla, markas Cadiz, dalam lanjutan La Liga Spanyol.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement