Kamis 08 Sep 2022 14:23 WIB

Keyakinan Konsumen Kembali Meningkat pada Agustus 2022

Keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi kini dan ekspektasi ke depan meningkat.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Konsumen/ilustrasi
Foto: IST
Konsumen/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Survei Konsumen Bank Indonesia pada Agustus 2022 mengindikasikan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi meningkat. Kepala Departemen Komunikasi BI, Erwin Haryono mengatakan, hal tersebut tercermin dari Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) Agustus 2022 sebesar 124,7.

"Nilai itu lebih tinggi dibandingkan Juli 2022 yang sebesar 123,2 dan secara konsisten tetap berada di zona optimis atau IKK di atas 100," katanya dalam keterangan pers, Kamis (8/9/2022).

Baca Juga

Peningkatan IKK Agustus 2022 tercatat pada sebagian besar kategori tingkat pengeluaran, kelompok usia, dan tingkat pendidikan responden. Meningkatnya optimisme konsumen pada Agustus 2022 didorong oleh peningkatan keyakinan konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dan ekspektasi terhadap ekonomi ke depan.

Hal tersebut terindikasi dari Indeks Ekonomi Saat Ini (IKE) yang meningkat pada seluruh komponen pembentuknya, tertinggi pada indeks penghasilan saat ini. Juga, Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) yang juga tercatat meningkat, terutama pada ekspektasi kegiatan usaha ke depan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement