Kamis 08 Sep 2022 13:50 WIB

Masjid Asuncion, Masjid Pertama yang Dibangun di Paraguay

Masjid Asuncion dibangun oleh Islamic Charity Center

Masjid Asuncion (ilustrasi).  Masjid Asuncion dibangun oleh Islamic Charity Center
Foto: Republika/Yogi Ardhi Cahyadi
Masjid Asuncion (ilustrasi). Masjid Asuncion dibangun oleh Islamic Charity Center

IHRAM.CO.ID, Umat Islam di Paraguay tak hanya terpusat di Asuncion. Mereka menyebar di kota-kota besar seperti Ciudad del Este dan En carnacion. Di Alto Parana Muslim Paraguay terlihat menonjol karena mereka unggul di bidang ekonomi. Mereka mengelola toko dan galeri yang menjual berbagai komoditas. Mereka juga dikenal sebagai pebisnis di bidang teknologi seperti elektronik dan komputer.

Kehadiran dan apresiasi imigran menunjukkan Paraguay terbuka untuk keragaman budaya. Mereka dapat hidup berdampingan dengan masyarakat yang berasal dari wilayah lain. Kehidupan multikultural yang mereka jalankan semakin di perkuat dengan berdirinya dua buah masjid yang mengadopsi seni budaya Paraguay-Libanon.

Baca Juga

Masyarakat yang mendalami Islam di masjid tersebut juga belajar mengenai bahasa Spanyol, Inggris dan Arab. Mereka juga membangun tempat sujud lainnya di Itapua yang merupakan masjid ke empat terbesar di Paraguay

Masjid Asuncion

Masjid ini merupakan masjid per tama yang dibangun di Paraguay. Masjid ini terletak di Jalan Iturbe. Setiap hari selalu dipenuhi 500 jamaah untuk melaksnakan shalat berjamaah lima waktu. Jamaah semakin banyak ketika shalat Jumat berlangsung.

Masjid yang dibangun oleh Islamic Charity Center ini juga menyediakan program pendalaman bahasa asing. Mereka merekrut guru bahasa Arab dari Mesir. Anakanak dan dewasa dapat rutin mempelajari bahasa Arab, sehingga mereka dapat dengan cepat memahami bahasa Alquran.

Kompleks budaya Islam

Dilansir dari ultimahora.com Komunitas Muslim Paraguay telah membangun kompleks budaya Islam Asun cion yang pertama. Terletak di Medi cos del Chaco 2424. Kompleks ini dires mikan oleh Presiden Paraguay Fernando Lugo dan Dubes Arab Saudi saat itu Esam at-Thagafi.

Presiden Islamic Charity Center of Asuncion Ahmed Rahal mengatakan, kompleks ini membuka cakrawala ge nerasi masa depan untuk mema hami Islam sebagai agama yang rahmatan lil 'alamin. Kompleks itu dilengkapi de ngan masjid dan sekolah yang me nga jarkan Islam secara mendalam. Anakanak di sana mempelajari seja rah Islam dari masa ke masa, fikih, akhlak, Alquran, hadis, dan berbagai ki tab turos yang ditulis ulama otoritatif.

Kompleks budaya Islam Asuncion seluas tujuh ribu meter persegi men jadi tempat umat Islam meng aktua lisasikan diri. Mereka dapat mengem bangkan berbagai potensinya di sana. Bangunan ini menggabungkan arsitek tur modern dengan Turki abad pertengahan.

 

sumber : Islam Digest
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement