Thursday, 14 Jumadil Awwal 1444 / 08 December 2022

Kota Bogor Siap Jadi Tuan Rumah Porprov 2026

Kamis 08 Sep 2022 06:18 WIB

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Andi Nur Aminah

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim

Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim

Foto: Republika/Shabrina Zakaria
Kota Bogor sedang membangunan enam stadion mini yang berada di masing-masing.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Beberapa kota, termasuk Kota Bogor, akan menjadi calon tuan rumah dalam Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jabar ke-15 Tahun 2026 mendatang. Untuk itu, masing-masing kota diminta untuk memaparkan kesiapannya menjadi tuan rumah.

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim, mengatakan Kota Bogor siap untuk menjadi tuan rumah Porprov Jabar Tahun 2026. Untuk bagaimana kemudian, Kota Bogor tentu melakukan segala persiapan untuk mendukung suksesnya helatan tersebut.

Baca Juga

"Sehingga dapat menunjang seluruh rangkaian kegiatan pada Porprov 2026. Yang pertama tentu kami sudah memiliki banyak fasilitas olahraga yang cukup memenuhi standar," kata Dedie, Rabu (7/9/2022).

Ia menyebutkan, Kota Bogor sedang melakukan pembangunan enam stadion mini yang berada di masing-masing kecamatan. Tahun ini, akan ada tiga di antaranya yang siap untuk menunjang Porprov.

Dedie menjelaskan Kota Bogor memiliki fasilitas pendukung lainnya. Seperti 21 rumah sakit yang memungkinkan bertambah, kampung atlet, hingga revitalisasi kawasan GOR Pajajaran yang nantinya bisa berkapasitas 20 ribu penonton dan berstandar internasional.

"Untuk GOR Pajajaran Inpresnya sudah selesai dan mudah-mudahan tahun ini ditandatangani Presiden. Dan bisa mulai dikerjakan tahun 2023 mendatang sehingga di 2025 atau awal 2025 bisa rampung," jelas Dedie.

Di samping itu, di Kota Bogor terdapat 15 hotel bintang satu dan dua, 24 hotel bintang tiga, empat hotel bintang empat. Dengan daya tampung 10 sampai 15 ribu dan kisaran harga yang terjangkau. “Kita juga bekerja sama dengan PHRI," sambung Dedie.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, kata Dedie, juga berkomitmen untuk menyiapkan anggaran bantuan untuk terselenggaranya Porprov 2026 senilai Rp 50 miliar. Termasuk implementasi teknis yang juga ikut dilakukan.

Di tempat yang sama, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Brigadir Jenderal TNI (Purn.) Ahmad Saefudin menyampaikan kepada seluruh kota/kabupaten yang menjadi calon tuan rumah Porprov Jawa Barat ke-15 Tahun 2026 mendatang agar menyiapkan segala kebutuhan. 

“Dalam waktu dekat, KONI Jawa Barat akan menentukan kota mana yang ditunjuk sebagai tuan rumah,” ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA