Rabu 07 Sep 2022 16:06 WIB

Xavi Yakin Barcelona Bakal Bersaing Dapatkan Trofi Liga Champions Musim Ini

Xavi mengaku tak terbeban dengan menargetkan juara Liga Champions.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
 Reaksi pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez (ilustrasi) membidik gelar juara Liga Champions.
Foto: EPA-EFE/Alejandro Garcia
Reaksi pelatih kepala Barcelona Xavi Hernandez (ilustrasi) membidik gelar juara Liga Champions.

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Pelatih Barcelona Xavi Hernandez yakin timnya akan menjadi salah satu pesaing gelar juara Liga Champions musim ini. Musim lalu, Barcelona gagal unjuk kemampuan setelah tersingkir di fase grup. Namun, Xavi memastikan hasil memalukan tersebut tidak akan terulang.

"Kami akan bersaing dan bermimpi besar. Jika tidak, saya akan tetap berada di rumah. Kenapa kami tidak bisa memenangkan kompetisi ini? Barcelona adalah tentang menang. Saya suka menang, saya tidak bisa membayangkan bersaing tanpa menang," kata Xavi, dikutip dari Sowetanlive, Rabu (7/9/2022).

Baca Juga

Namun, Xavi mengakui timnya bukan favorit. Menjadi favorit, lanjut dia, adalah hal lain. Ia meminta timnya tetap rendah hati. 

Legenda Barcelona itu meminta pemainnya untuk menganggap setiap pertandingan adalah perang. Apalagi, Blaugrana belum memenangkan Liga Champions lagi sejak 2015.

Pemain baru Robert Lewandowski membuat fan optimistis setelah tiga kemenangan beruntun di La Liga Spanyol. Mantan pemain Bayern Muenchen itu telah mencetak lima gol, termasuk dua gol dalam dua pertandingan berturut-turut. 

Karena itu, hadirnya peraih dua kali pemain terbaik FIFA itu meningkatkan harapan di Camp Nou. Apalagi tim asal Katalunya itu kehilangan Lionel Messi pada musim 2021/22 akibat krisis keuangan.

"Saya melihat setiap hari bagaimana para penggemar, jersey terjual habis, orang-orang menghentikan kami dan menyemangati kami di jalan. Kami harus terus maju. Itu perasaan yang positif," tegas Xavi.

Menurut dia, ada tekanan setiap hari ketika seseorang berada di Barcelona. Blaugrana, kata dia, memenangkan lima gelar Liga Champions di bawah tekanan. Bermimpi tentang menang lagi menurut dia tak akan menambah tekanan.

Barcelona akan memulai petualangannya di Liga Champions musim ini menjamu Viktoria Plzen di Camp Nou, Kamis (8/9/2022) dini hari WIB. Lawan dianggap tim terlemah dalam Grup C yang juga berisikan Bayern Muenchen dan Inter Milan. Namun, ia tak mau terjebak dengan omongan di luaran.

"Saya tahu orang-orang melihat kami sebagai favorit, tetapi mereka (Plzen) adalah tim yang sangat mengandalkan fisik, sangat pekerja keras. Ini permainan jebakan," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement