Rabu 07 Sep 2022 15:01 WIB

Lima Tips Berjalan untuk Tingkatkan Kesehatan Tubuh

Jalan kaki dapat menjaga kebugaran tubuh dan membangun kekuatan lutut

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Christiyaningsih
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki dapat menjaga kebugaran tubuh dan membangun kekuatan lutut.
Foto: www.freepik.com
Berjalan kaki (ilustrasi). Jalan kaki dapat menjaga kebugaran tubuh dan membangun kekuatan lutut.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jalan kaki dapat menjaga kebugaran tubuh, meningkatkan kekencangan otot perut, membangun kekuatan pada lutut, serta meningkatkan kelenturan dan keseimbangan. Berjalan juga dapat memperbaiki postur tubuh bahkan menurunkan tekanan darah tinggi dan kondisi diabetes serta dampaknya.

Dilansir healthshots pada Rabu (7/9/2022), berjalan memiliki dampak positif dalam mengurangi kekakuan dan peradangan dan tidak akan memperburuk kondisi lutut kronis. Berikut lima tips berjalan untuk tingkatkan kesehatan tubuh:

Baca Juga

1. Targetkan 5.000 langkah per hari

Jadikan itu sebagai tujuan pertama Anda. Jika Anda akhirnya dapat melebihi target jumlah langkah secara teratur tanpa meningkatkan rasa sakit, anggap sebagai kemenangan.

2. Bangun waktu berjalan

Apakah Anda seorang pemula untuk berjalan? Jangan terlalu memaksakan diri. Tingkatkan waktu berjalan Anda dan cepat perlahan dan mantap.

Mulailah dengan kecepatan yang nyaman dan tingkatkan saat Anda secara bertahap memperkuat daya tahan. Akhirnya, bertujuan untuk berjalan cepat atau dengan kecepatan yang menurut Anda menantang. Hentikan jika rasa sakit berlanjut selama lebih dari dua hari dan konsultasikan dengan dokter Anda.

3. Pilih permukaan jalan yang lebih lembut

Anda harus memilih untuk berjalan di jalur permukaan alami, yang akan lebih mudah pada persendian. Lantai di mal dan toko sebagian besar terbuat dari beton. Jadi Anda sebaiknya memilih jalan tanah, stadion/lapangan, atau jalur pejalan kaki yang aman di dalam kompleks/area perumahan Anda.

4. Pilih sepatu yang tepat

Sepatu harus rata dan fleksibel jika Anda berencana berjalan dengan nyeri lutut. Pastikan mereka dapat ditekuk di bagian depan dengan penurunan tumit hingga ujung kaki yang rendah. Hindari sepatu hak tinggi, ujung runcing, dan sepatu berat. Sepatu dengan kotak kaki lebar akan memberikan ruang ekstra untuk kenyamanan.

5. Terus bergerak sepanjang hari

Gerakan sangat penting bagi setiap orang, terlepas dari kondisi kesehatannya. Bahkan peregangan setiap 15 sampai 20 menit membantu.

Gerakan itu membuat cairan sendi Anda bergerak. Duduk terlalu lama bisa berbahaya, jadi bangunlah dan lakukan untuk manfaat jangka panjang dari lutut dan kesehatan Anda.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement