Selasa 06 Sep 2022 20:49 WIB

Penjajah Israel Serang Warga Palestina di Jenin, Satu Meninggal dan 16 Lainnya Terluka

Pasukan penjajah menghancurkan rumah warga dengan dalih penghukuman.

Rep: Mabruroh/ Red: Ilham Tirta
Pasukan pertahanan Israel (IDF) yang menjajah Palestina.
Foto: DOVER.IDF.IL
Pasukan pertahanan Israel (IDF) yang menjajah Palestina.

REPUBLIKA.CO.ID, YERUSALEM -- Kementerian Kesehatan Palestina mengatakan, seorang pria Palestina ditembak mati dan 16 lainnya terluka dalam operasi militer penjajah Israel di Jenin, Tepi Barat pada Selasa (6/9/2022). Kementerian mengidentifikasi orang yang tewas itu sebagai Mohammad Sabaaneh (29).

Dilansir dari Saudi Gazette, Selasa (6/9), Pasukan Pertahanan Israel (IDF) berada di Jenin untuk menghancurkan kediaman seseorang yang menewaskan tiga orang dalam serangan penembakan mematikan di Tel Aviv pada 7 April 2022. Pasukan penjajah itu menghancurkan rumah diduga tersangka dan keluarga mereka sebagai bentuk hukuman.

Baca Juga

IDF mengatakan, kerusuhan kekerasan dipicu selama operasi dan bahwa para perusuh membakar ban, melemparkan batu, bom molotov, dan alat peledak ke pasukan, yang merespons dengan cara membubarkan kerusuhan. “16 warga Palestina terluka oleh peluru dan pecahan peluru, semuanya dipindahkan ke rumah sakit di Jenin," kata Kementerian Kesehatan Palestina.

Bentrokan itu terjadi di Kota Tepi Barat yang sama, di mana jurnalis Palestina-Amerika, Shireen Abu Akleh tewas dalam serangan IDF pada bulan Mei. IDF mengakui untuk pertama kalinya pada Senin (5/9/2022) ada kemungkinan besar bahwa pasukannya yang melepaskan tembakan fatal itu.

Seorang pejabat senior IDF mengatakan, tentara itu mengira dia menembaki gerilyawan Palestina, meskipun Abu Akleh mengenakan jaket antipeluru bertanda "Media". Jaksa militer penjajah Israel mengatakan, tidak akan mengajukan tuntutan pidana terhadap tentara, yang tidak disebutkan namanya itu.

Sejak awal tahun, 87 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan penjajah di Tepi Barat. Sementara, 19 warga penjajah dan orang asing tewas dalam serangan Palestina di Israel dan Tepi Barat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement