Selasa 06 Sep 2022 18:01 WIB

Kepolisian Federal Jerman Puji Cara Indonesia Tangani Terorisme 

Deradikalisasi yang digulirkan pemerintah melalui BNPT dipuji Kepolisian Jerman

Penandatangan kerja sama antara BNPT dengan Kepolisian Federal Jerman di Jakarta, Senin (5/9/2022). Tampak Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH dan Vice President Kepolisian Federal Jerman,  Michael Kretschmer.
Foto: Dok Istimewa
Penandatangan kerja sama antara BNPT dengan Kepolisian Federal Jerman di Jakarta, Senin (5/9/2022). Tampak Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH dan Vice President Kepolisian Federal Jerman,  Michael Kretschmer.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA— Kepolisian Federal Jerman (Bundeskriminalamt/BKA) terkesan dengan cara pemerintah Indonesia melalui Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) menangani terorisme. Hal tersebut terlihat dari menurunnya secara drastis angka terorisme dan bom di Indonesia. 

Kepolisian Federal Jerman mendatangi BNPT di Jakarta, Senin (5/9/2022). Dalam pertemuan tersebut juga ditandatangani kerja sama  penelitian untuk penanggulangan terorisme dan pencegahan ekstremisme berbasis kekerasan. 

Baca Juga

Penandatangan kerja sama kedua belah pihak dilakukan Kepala BNPT Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, MH dengan Vice President Kepolisian Federal Jerman,  Michael Kretschmer. 

Michael Kretschmer terang-terangan mengaku terkesan dengan penanggulangan terorisme dan ekstremisme yang dilakukan pemerintah Indonesia. 

Vice President Kepolisian Federal Jerman pernah mengunjungi Medan dan Lamongan untuk melihat secara langsung program deradikalisasi yang dilakukan BNPT. 

Dia menilai, cara BNPT dalam program deradikalisasi mendorong Kepolisian Federal Jerman merajut kerja sama dengan BNPT untuk melawan dan mencegah terorisme di negaranya. 

"Kami sangat tertarik dengan kompetensi BNPT dalam mencegah terorisme dan deradikalisasi. Makanya sangat senang kami dapat bekerja sama dalam bidang pertukaran informasi dan penelitian untuk mencegah terorisme," kata Michael Kretschmer, dalam keterangannya, Selasa (6/9/2022).  

Kepala BNPT, Komjen Pol Dr Boy Rafli Amar, menyatakan Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama dalam isu terorisme dan ekstremisme. 

Dia berharap kerja sama antara BNPT dan Kepolisian Federal Jerman menjadi penguat kerangka kerja sama dalam menghadapi kejahatan luar biasa tersebut. 

"Indonesia dan Jerman menghadapi tantangan yang sama khususnya terorisme dan ekstremisme berbasis kekerasan,” kata Boy Rafli. 

Jenderal polisi bintang tiga ini berharap pernyataan bersama antara BNPT dan Kepolisian Federal Jerman memperkuat kerja sama dalam bidang pertukaran informasi dan pengalaman, peningkatan kapasitas personel, serta bidang lainnya.    

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement