Selasa 06 Sep 2022 15:01 WIB

Wilayah Kekeringan di Batang Dapat Pasokan 4.000 Liter Air Bersih

Bantuan air bersih akan diberikan setiap tiga hari sekali.

Petugas BPBD mendistribusikan air bersih di wilayah terdampak musim kemarau.
Foto: ANTARA/Seno
Petugas BPBD mendistribusikan air bersih di wilayah terdampak musim kemarau.

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Pemerintah Kabupaten Batang, Jawa Tengah, mendistribusikan bantuan 4.000 liter air bersih setiap tiga hari sekali ke desa terdampak kekeringan.

"Hari ini, kami mendistribusikan satu tangki air bersih untuk warga Desa Tambahrejo, Kecamatan Bandar yang kini sedang kesulitan mendapatkan air bersih," kata Penjabat Bupati Batang Lani Dwi Rejeki di Batang.

Menurut dia, penyebab sulitnya warga desa mendapatkan air bersih ini karena kondisi saluran air yang menjadi resapan sumur mengering akibat adanya proyek perbaikan Bendungan Binagarut.

Pemkab Batang, kata dia, telah memerintahkan pengerjaan bendungan itu segera diselesaikan agar air yang berada di atas dapat dialirkan ke saluran air yang menuju di Dukuh Wrage, Desa Tambahrejo.

Ia mengatakan, bagi wilayah desa yang mengalami kesulitan air bersih agar segera menghubungi pemkab atau mengirimkan surat bantuan ke dinas terkait seperti BPBD.

"Kami akan merespons cepat dengan memberikan bantuan air bersih bagi warga desa yang mengalami kesulitan air bersih," kata Lani Dwi Rejeki.

Ia mengatakan, sebelumnya pemkab telah mendistribusikan 4.000 liter air bersih pada warga Desa Tambahrejo dan Senin (5/9/2022) ditambah lagi 4.000 liter.

"Sebanyak 4.000 liter air bersih ini didistribusikan pada 300 keluarga. Jadi mereka menerima 50 liter air bersih yang akan dimanfaatkan untuk kebutuhan makan dan minum," ujarnya.

Menurut dia, penyebab sulitnya mendapatkan air bersih, karena keringnya saluran air sehingga resapan ke sumur warga tidak ada. Hal ini disebabkan masih adanya perbaikan di Bendungan Binagarut selama 3 bulan kemarin, dan beberapa hari ke depan rencananya akan selesai.

Warga Desa Tambahrejo Widi menyampaikan terima kasih kepada pemerintah daerah yang langsung tanggap atas permintaan warga yang membutuhkan bantuan air bersih.

"Bantuan air bersih ini akan diberikan setiap tiga hari sekali untuk keperluan masak dan minum. Untuk keperluan mandi masih bisa menggunakan air di sendang," kata dia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement