Senin 05 Sep 2022 23:30 WIB

 JIC Gelar Pelatihan Bahasa Arab Semudah Tersenyum

Bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki kemuliaan

Jakarta Islamic Center
Foto: Muhammad Ubaidillah
Jakarta Islamic Center

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Jakarta Islamic Centre (JIC) atau Pusat Pengkajian dan Pengembangan Islam Jakarta (PPPIJ) menggelar pelatihan "Menguasai Bahasa Arab Semudah Tersenyum" di Gedung Sosial Budaya JIC, Jakarta Utara, Senin (5/9). Pelatihan ini akan berlangsung setiap hari selama dua bulan ke depan .

Kepala Divisi Pengkajian dan Pelatihan PPPIJ, KH Nasir Zein mengatakan, bahasa Arab adalah bahasa yang memiliki kemuliaan, sehingga pihaknya menggelar pelatihan bahasa Arab ini.

Baca Juga

“Karena bahasa Arab adalah satu-satunya bahasa yang memiliki kemuliaan,” ujar Kiai Nasir Zein dalam keterangan tertulis yang diterima Republika.co.id, Senin (5/9).

Menurut dia, jika umat Islam Islam mau menguasai bahasa Arab semudah tersenyum, maka harus mencintai bahasa Arab. “Kita mencintai bahasa Arab bukan karena orang Arabnya, tapi karena dia adalah bahasa Alquran dan bahasa hadits. Bahasa Arab adalah bahasa nabi kita dan bahasa Arab adalah bahasa surga,” ucap dia. 

Kiai Zein menekankan bahwa rasa cinta sangat penting bagi masyarakat yang ingin menguasai belajar bahasa Arab. “Yang perlu ada dalam diri kita masih-masing dalam belajar bahasa Arab yang pertama adalah rasa cinta. Kenapa kita cinta pada bahasa Arab ini, karena ia adalah bahasa Alquran, dia adalah bahasa Sunnah Rasululloh SAW dan dia bahasa ibadah kita,” kata Kiai Nasir.

Kiai Nasir menambahkan, pelatihan ini juga digelar dalam rangka memberikan pembekalan bagi peserta agar bisa meningkatkan ibadah dan pemahaman keislamannya, serra menambah keterampilan. 

“Di samping itu kita perlu juga memiliki keterampilan bahasa yaitu keterampilan membaca, keterampilan berbicara, keterampilan mendengar, dan keterampilan menulis,” jelas alumni Pondok Pesantren Modern Gontor ini.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement