Wednesday, 10 Rajab 1444 / 01 February 2023

ASDP Apresiasi Penumpang dengan Layanan Mudah dan Bermutu

Senin 05 Sep 2022 20:53 WIB

Rep: rahayu subekti/ Red: Hiru Muhammad

Kendaraan pemudik arus balik antre memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (7/5/2022). Pada H+4 Lebaran sebanyak 142.377 penumpang, 18.863 kendaran roda empat, dan 11.413 sepeda motor menggunakan jasa angkutan kapal laut untuk menyeberang ke Pulau Jawa.

Kendaraan pemudik arus balik antre memasuki Pelabuhan Bakauheni, Lampung Selatan, Lampung, Sabtu (7/5/2022). Pada H+4 Lebaran sebanyak 142.377 penumpang, 18.863 kendaran roda empat, dan 11.413 sepeda motor menggunakan jasa angkutan kapal laut untuk menyeberang ke Pulau Jawa.

Foto: ANTARA/Ardiansyah
Transformasi digital yang dilakukan ASDP melalui layanan Ferizy menuai antusias

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menggelar rangkaian kegiatan di Pelabuhan Bakauheni, Lampung dan Pelabuhan Ajibata, Toba, Sumatra Utara dalam rangka Hari Pelanggan Nasional  2022 yang jatuh pada Ahad (4/9/2022). Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry Shelvy Arifin menuturkan kegiatan tersbut sebagai bentuk apresiasi kepada pengguna jasa yakni secara konkret menghadirkan layanan bermutu prima. 

“Bahwa masyarakat yang mengakses layanan kapal ferry ASDP dapat menikmati pengalaman perjalanan yang mudah, menyenangkan, aman, nyaman dan selamat," kata Shelvy dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (4/9/3023). 

Baca Juga

Sejak diberlakukan layanan online ticketing Ferizy pada Maret 2020 hingga saat ini tercatat jumlah pengguna Ferizy di lintasan tersibuk Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk mencapai 1,17 juta pengguna. Lalu total penumpang yang telah dilayani ASDP melalui reservasi Ferizy terhitung sejak Maret 2020 hingga 2 September 2022 mencapai total 30 juta penumpang. 

Shelvy menuturkan tansformasi digital yang dilakukan ASDP melalui layanan Ferizy mendapat sambutan yang antusias dari pengguna jasa karena terus terjadi peningkatan setiap tahunnya. “Kami berharap, langkah percepatan digitalisasi di seluruh cabang dapat mencapai target maksimal, baik yang melalui aplikasi Ferizy maupun proses digitalisasi pembayaran secara cashless," ujar Shelvy. 

Pada Harpelnas 2022, Shelvy mengatakan ASDP juga mempersembahkan rangkaian acara sebagai bentuk apresiasi kepada konsumen yang selama ini telah setia mengakses layanan dan mendukung upaya perbaikan layanan ASDP sehingga dapat lebih baik lagi ke depannya. Dia mengharapkan hal tersebut dapat mempererat hubungan baik dengan pelanggan serta meningkatkan brand awareness layanan ASDP oleh seluruh pengguna jasa. 

"Dalam rangka memeriahkan Harpelnas tahun ini, ASDP memberikan apresiasi dan pengalaman berkesan kepada pengguna jasa dalam bentuk hiburan Flash Mob membawakan lagu Kita Bahagia yang dipopulerkan oleh Gamaliel-Audrey-Cantika dengan sejumlah penyanyi yang dikumpulkan di tengah keramaian dan tentunya juga memberikan kejutan dengan membagikan souvenir menarik untuk pelanggan setia ASDP," jelas Shelvy. 

Shelvy nenambahkan saat ini ASDP juga telah menerapkan layanan tiket ferry berbasis online. Pengguna jasa ferry di Kawasan Danau Toba khususnya lintasan Ajibata - Ambarita dapat melakukan pemesanan tiket online melalui website toba.ferizy.com.

"Sejak soft launching pada 17 Agustus 2022, pengguna jasa sangat antusias, mereka menyambut baik implementasi tiket online di Ajibata dan Ambarita. Hal ini terlihat dari banyaknya penumpang ferry yang tiba di Pelabuhan lalu menanyakan tentang cara pemesanan tiket online melalui web reservation toba.ferizy.com,” tutur Shelvy. 

Berdasarkan hasil pelaksanaan soft launching kemarin, Shelvy memastikan ASDP terus melakukan peningkatan kualitas layanan agar dapat memberikan experience yang lebih baik dan menyenangkan kepada pengguna jasa. Tercatat, produksi customer yang melakukan pembelian tiket secara daring mencapai sekitar 79 persen untuk Pelabuhan Ajibata dan sekitar 53 persen untuk Pelabuhan Ambarita.

Selama semester I 2022 atau periode Januari-Juni 2022, ASDP mencatat penumpang penyeberangan perintis dan komersial (gabungan) mencapai sebanyak 3,73 juta orang. Angka tersebut naik sebesar 104 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 1,83 juta orang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA