Senin 05 Sep 2022 04:15 WIB

Bahaya Bagi Pengidap Hipertensi, Teh Ini Sampai Bikin Pria Kanada Dirawat di RS

Teh herbal tidak selalu aman seperti yang dipromosikan secara luas.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Teh (Ilustrasi). Teh akar manis (licorice) dapat memicu hipertensi.
Foto: www.freepik.com
Teh (Ilustrasi). Teh akar manis (licorice) dapat memicu hipertensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hipertensi berarti tekanan darah Anda secara konsisten terlalu tinggi dan jantung harus bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Seiring waktu, ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan peredaran darah seperti serangan jantung atau strok.

Kabar baiknya, kita bisa melawan hipertensi melalui diet, meski tidak selalu jelas apa yang harus dihindari. Misalnya, teh herbal secara luas dipromosikan sebagai teh yang aman dan bermanfaat tetapi tidak selalu demikian.

Baca Juga

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Canadian Medical Association Journal menemukan teh akar manis (licorice) menjadi kontributor utama hipertensi. Teh akar manis telah digunakan secara tradisional untuk membantu meringankan masalah pencernaan dan mual serta menenangkan sakit perut.

Namun, seperti yang dinyatakan oleh studi tersebut, teh licorice memiliki risiko kesehatan. Studi kasus seorang pria yang dirawat di rumah sakit karena keadaan darurat tekanan darah tinggi menunjukkan efek minum teh licorice.

"Jumlah yang berlebihan dari beberapa produk herbal dapat memiliki efek samping yang berbahaya," kata Jean-Pierre Falet, dokter di Departemen Neurologi, Universitas McGill, Montréal, Quebec, Kanada, seperti dikutip dari laman Express, Ahad (4/9/2022).

Teh licorice sangat populer di sebagian Eropa dan Timur Tengah, apalagi selama bulan Ramadhan. "Mengingat populasi multikultural Kanada, dokter harus mempertimbangkan skrining untuk asupan akar manis pada pasien dengan hipertensi yang sulit dikendalikan," kata dr Falet.

Dalam penelitian lain, yang diterbitkan dalam BMJ Case Reports, seorang wanita berusia 45 tahun datang ke dokter umum dengan riwayat hot flushes, berkeringat, dan sakit kepala selama empat bulan. Saat pemeriksaan, dia ditemukan mengidap hipertensi.

Tes darah mengungkapkan wanita tersebut mengalami hipokalemia ringan (kekurangan kalium). Sambil menunggu hasil penyelidikan lebih lanjut tentang penyebab tekanan darahnya yang tinggi, pasien tersebut melakukan penelitian sendiri dan mengidentifikasi teh akar manis sebagai penyebab potensial dari gejalanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement