Senin 05 Sep 2022 03:30 WIB

Perairan Arab Saudi, Surga Para Penyelam Bawah Laut

Perairan Arab Saudi menarik minat para penyelam bawah laut.

Rep: Alkhadeli Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
Jabal Al-Lith, Surganya Para Penyelam di Arab Saudi
Foto: Arab News
Jabal Al-Lith, Surganya Para Penyelam di Arab Saudi

IHRAM.CO.ID, RIYADH–Arab Saudi mungkin terkenal dengan bukit pasir atau wilayah gersang. Tetapi banyak orang belum tahu, zona pesisir di negara ini juga menjadi tujuan scuba diving atau aktivitas menyelam para penyelam dari seluruh dunia.

Arab Saudi sejauh ini memang telah terhindar dari pariwisata massal yang telah merusak garis pantai Mesir dan sebagian besar negara Mediterania. Sehingga perairan pantainya tetap jernih, dengan banyak lingkungan laut yang masih asli.

Baca Juga

Terumbu karang di sekitar Yanbu di pantai Laut Merah, dan di sekitar pulau Farasan lebih jauh ke Selatan, sangat spektakuler, dengan karang warna-warni dan banyak spesies laut. Termasuk hiu yang sebagian besar jinak, ikan kalajengking, pari manta dan bahkan paus sesekali.

Menyelam di Kerajaan juga memiliki tujuan yang lebih serius. Sebuah tim arkeolog kelautan sekarang sedang menggali bangkai kapal Laut Merah abad ke-18 yang berasal dari Mesir dengan timbunan sekitar 2.000 benda pecah belah keramik. Sementara Ausemestre telah memimpin sekelompok ahli geologi dalam survei lanskap bawah laut, dan kehidupan yang dikandungnya, dekat perbatasan Arab Saudi dengan Yordania.

Namun lonjakan aktivitas manusia bawah laut ini membawa risiko kerusakan pada struktur sensitif kehidupan laut, mengancam kualitas yang membuat Arab Saudi unik sebagai tujuan menyelam.

Karena kekayaan biota laut ini, Asosiasi Profesional Instruktur Selam (PADI) sebuah organisasi global yang berbasis di California, dikenal sering memberikan pelatihan dan sertifikasi, dan telah aktif di Kerajaan selama beberapa dekade. Pelatihan yang bertujuan agar ada lebih banyak orang yang mempunyai keahlian menyelam dan menjelajahi laut Saudi.

Dilansir dari Arab News, Sabtu (3/9/2022), salah seorang penyelam Raul Asemestre, instruktur master PADI yang berbasis di Riyadh dengan pengalaman menyelam selama 20 tahun, menjelaskan proses sertifikasi.

“Bagian pertama adalah tinjauan pengetahuan, yang merupakan aspek teori. Ini terdiri dari sembilan bab dengan tes di akhir, yang manual atau online. Kemudian Anda memenuhi syarat untuk maju ke pelatihan air terbatas di kolam renang, di mana Anda mempelajari total 24 keterampilan, termasuk cara merakit peralatan selam Anda, membiasakan diri dengan pengatur pernapasan, melepas peralatan, dan sebagainya,"katanya.

“Setelah Anda menyelesaikan pelatihan air terbatas, maka Anda pergi ke pelatihan dan pengujian perairan terbuka yang sebenarnya, baik di Jeddah di pantai barat atau Alkhobar di Provinsi Timur. Ini terdiri dari empat penyelaman selama dua hari, lagi-lagi melatih 24 keterampilan itu, pada kedalaman kurang dari 60 kaki,"tambahnya.

Aktivitas menyelam di Kerajaan juga telah mengalami reformasi sosial baru-baru ini yang memungkinkan wanita Saudi untuk menyelam tanpa batasan. Ini merupakan keuntungan bagi salah seorang penyelam wanita, Noura, yang menolak memberikan nama keluarganya.

“Saya telah terpesona dengan scuba diving sejak kecil karena beberapa anggota keluarga saya adalah penyelam yang berkualitas. Ditambah lagi saya selalu menikmati berenang dan snorkeling, jadi menyelam adalah perkembangan alami.

“Saya mendapatkan sertifikasi menyelam saya pada tahun 2016, tetapi sampai beberapa tahun yang lalu saya tidak bisa naik perahu tanpa pendamping laki-laki, saudara laki-laki atau ayah atau suami. Jadi saya dibatasi untuk menyelam dari darat. Itu cukup membuat saya frustrasi karena saya ingin pergi dan melihat beberapa bangkai kapal dan terumbu karang lebih jauh dari pantai. Sekarang saya bebas melakukan semua itu,"katanya.

“Pengalaman saya yang paling menakjubkan sebagai penyelam adalah di Jeddah. Saya pergi menyelam dengan seorang teman dan tidak ada orang lain di dalam air,"ujarnya.

"Saat itu adalah musim kawin gurita, dan ini adalah pertama kalinya saya melihat gurita di habitat aslinya. Ada dua dari mereka melakukan tarian dan mengubah warna. Itu adalah pertunjukan memesona dari apa yang bisa mereka lakukan dengan tubuh mereka, dan momen unik yang kami saksikan,"tambahnya. Alkhaledi Kurnialam

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement