Ahad 04 Sep 2022 22:10 WIB

Napi Narkoba Lapas Tarakan Kedapatan Berada di Rumah Warga

Lapas mengeklaim napi tersebut diizinkan keluar untuk berobat.

Napi narkoba ditangkap saat beraktivitas di luar lapas (ilustrasi).
Foto: Dok Ditjen Pas
Napi narkoba ditangkap saat beraktivitas di luar lapas (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TARAKAN -- Satuan Brimob Polda Kalimantan Utara (Kaltara) menangkap seorang narapidana (napi) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IA Tarakan bernama Andi (32 tahun) pada Sabtu (3/9/2022). Napi tersebut berada di rumah salah satu warga di kawasan Karang Anyar, Tarakan Barat.

"Sekitar pukul 15.30 WITA, personel Seksi Intel Satbrimob Polda Kaltara memperoleh informasi bahwa di daerah Jalan Cempaka terdapat narapidana Lapas Tarakan Kelas IA," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Kaltara, Kombes Budi Rachmat dalam pesan singkat, Ahad (4/9/2022).

Baca Juga

Kemudian, sekitar pukul 16.00 Wita, personel Brimob Kaltara menuju ke Jalan Cempaka.

Setiba di lokasi, mereka mencurigai seorang laki-laki yang sedang berdiri di depan sebuah rumah.

"Kemudian dihampiri dan ditanya identitasnya dan mengaku bernama Andi alias Hendra narapidana Lapas Kelas IA Tarakan dan mengaku keluar dari tahanan Lapas Kelas IA Tarakan untuk berobat, namun Andi tidak dapat menunjukkan surat izin keluar atau berobat," kata Budi.

Andi langsung diamankan di Mako Satbrimob Polda Kaltara di Tarakan. Sesampainya di Mako Satbrimob dilakukan tes urine dan hasilnya positif.

Andi adalah tahanan Lapas Kelas IA Tarakan dalam kasus kepemilikan narkotika jenis sabu yang telah divonis hukuman penjara 18 tahun. Ia sudah menjalani masa hukuman selama sembilan tahun penjara.

Budi mengatakan, setelah dikonfirmasi, lapas membenarkan napi tersebut keluar untuk berobat. Namun, tidak dijelaskan kenapa Andi tidak dikawal petugas.

"Andi memperoleh izin keluar dari Lapas Kelas IA Tarakan dari Kepala KPLP Lapas Kelas IA Tarakan," katanya.

Alasan Andi tidak dapat menunjukkan surat izin keluar/berobat, kata dia, karena surat tersebut dipegang oleh Kepala KPLP Lapas Kelas IA Tarakan. "Sekitar pukul 20.00 WITA, Andi sudah diserahkan oleh personel Brimob Polda Kaltara ke Lapas Kelas IA Tarakan," kata Budi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement