Sabtu 03 Sep 2022 23:04 WIB

Kunjungan Wisman ke Babel Mulai Meningkat

Wisman cenderung memilih untuk menginap di hotel berbintang lebih lama di Babel

Red: Nur Aini
Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman)
Foto: ANTARA/Teguh Prihatna
Sejumlah wisatawan mancanegara (wisman)

REPUBLIKA.CO.ID, BANGKA -- Badan Pusat Statistik Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mencatat jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang berwisata ke Kepulauan Bangka Belitung (Babel) pada Juli 2022 sebanyak 295 atau meningkat 18,47 persen dibandingkan bulan sebelumnya sebanyak 249 orang.

"Kunjungan wisman ke Pulau Belitung meningkat paling signifikan mencapai 11,96 persen," kata Kepala BPS Provinsi Kepulauan Babel Toto Haryanto Silitonga di Pangkalpinang, Sabtu (3/9/2022).

Baca Juga

Ia mengatakan wisman cenderung memilih untuk menginap di hotel berbintang lebih lama dibandingkan wisatawan nusantara (wisnus). Rata-rata lama menginap bagi wisman berkisar 6,65 hari, sementara wisnussekitar 1,80 hari.

"Rata-rata menginap wisatawan di Pulau Belitung, wilayah ini menjadi yang tertinggi dipilih wisatawan. Wisatawan juga cenderung menghabiskan waktu lebih dari dua hari untuk menginap di Pulau Belitung. Berbeda dengan daerah lainnya yang hanya di kisaran sehari saja," ujarnya.

Menurut dia, peningkatan kunjungan wisatawan tentunya berdampak terhadap semakin berkembangnya UMKM dan perekonomian masyarakat sekitar setelah pandemi Covid-19 di Kepulauan Bangka Belitung.

"Kami memperkirakan kunjungan wisatawan dan tamu asing akan naik signifikan menjelang dan selama perhelatan G20 di Belitung pada 7 hingga 9 September tahun ini," katanya.

Ia menambahkan berdasarkan data jumlah wisatawan yang menginap pada hotel bintang di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung pada Juli 2022 tercatat 44.033 orang atau naik 7,67 persen dibandingkan bulan sebelumnya 40.897 orang.

"Wisatawan nusantara masih mendominasi jumlah wisatawan yang berwisata di Kepulauan Bangka Belitung. Sebanyak 99,33 persen dari total 44.033 wisatawan adalah wisatawan nusantara," ujarnya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement