Friday, 5 Rajab 1444 / 27 January 2023

Teleskop James Webb Tangkap Cincin Konsentris Misterius

Ahad 04 Sep 2022 05:50 WIB

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Christiyaningsih

Teleskop James Webb menangkap cincin konsentris misterius di sekitar bintang jauh. Ilustrasi.

Teleskop James Webb menangkap cincin konsentris misterius di sekitar bintang jauh. Ilustrasi.

Foto: IAA-CSIC/UHU via live science
Teleskop James Webb menangkap cincin konsentris misterius di sekitar bintang jauh

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Teleskop luar angkasa James Webb menangkap cincin konsentris misterius di sekitar bintang jauh yang masih terus dijelaskan oleh para astronom. Gambar, yang diambil pada Juli, dirilis di Twitter oleh citizen scientist Judy Schmidt. Unggahan tersebut memicu semburan komentar dan kebingungan tentang sesuatu yang sulit untuk dipahami.

Ini menunjukkan bintang yang dikenal sebagai WR140 dikelilingi oleh lingkaran seperti riak biasa yang berangsur-angsur memudar. Lingkaran tidak bulat sempurna, tetapi memiliki bentuk agak persegi yang mendorong spekulasi tentang kemungkinan asal-usul alien.

Baca Juga

“Saya pikir itu hanya alam yang melakukan sesuatu yang sederhana. Namun ketika kita melihatnya hanya dari satu sudut pandang, tampaknya tidak mungkin, pada awalnya, untuk memahami bahwa itu adalah fenomena alam,” kata Schmidt kepada Space melalui email.

“Mengapa bentuknya seperti itu? Mengapa begitu teratur?” imbuhnya.

Mark McCaughrean, seorang ilmuwan interdisipliner di James Webb Space Telescope Science Working Group dan penasihat sains untuk European Space Agency, menyebut fitur itu 'gila' di utas Twitter. “Struktur biru berujung enam adalah artefak karena difraksi optik dari bintang terang WR140 dalam gambar #JWST MIRI ini,” tulisnya dilansir Space, Jumat (2/9/2022).

“Namun benda merah melengkung-namun-kotak itu nyata, serangkaian cangkang di sekitar WR140. Sebenarnya di luar angkasa. Di sekitar bintang,” cuitnya.

Dia mencatat WR140 adalah apa yang disebut para astronom sebagai bintang Wolf-Rayet, yang telah memuntahkan banyak hidrogen mereka ke luar angkasa. Benda-benda ini juga dikelilingi oleh debu yang dipahat oleh bintang pendamping ke dalam kerangka aneh.

Para astronom akan segera mengetahuinya berkat makalah ilmiah yang saat ini sedang ditinjau tentang fenomena misterius ini. “Ya, cincin 'squircular' bersarang itu nyata,” Ryan Lau, astronom di NOIRLab dan peneliti utama proyek yang memperoleh pengamatan, membalas utas Twitter. “Makalah kami tentang ini telah dikirimkan, jadi harap nantikan cerita lengkapnya,” imbuhnya.

WR140, terletak sekitar 5.600 tahun cahaya dari Bumi di konstelasi Cygnus, disebut bintang variabel yang secara berkala meredup dan menjadi terang. Apakah variabilitas bintang ada hubungannya dengan riak misterius masih harus dilihat.

Gambar tersebut menunjukkan kekuatan teleskop luar angkasa James Webb senilai 10 miliar dolar Amerika Serikat (AS), observatorium paling kuat yang pernah dikirim ke luar angkasa, yang telah dipuji karena visi inframerahnya yang revolusioner dan mata yang sangat tajam.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA