Sabtu 03 Sep 2022 11:00 WIB

Erdogan: Yunani tak Bisa Rusak Hubungan Turki-NATO

Pendekatan negatif Yunani dinilai tidak akan melemahkan hubungan Turki-NATO

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.
Foto: Vyacheslav Prokofyev, Sputnik, Kremlin Pool P
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

REPUBLIKA.CO.ID, ANKARA -- Pernyataan negatif Yunani tentang Turki yang disampaikan kepada NATO tidak dapat merusak hubungan antara Ankara dan aliansi tersebut. Demikian ditegaskan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan pada Jumat (3/9/2022).

"Pendekatan negatif Yunani di hadapan NATO tidak akan melemahkan hubungan Turki-NATO," kata Presiden Erdogan kepada wartawan setelah Salat Jumat di Istanbul.

Baca Juga

"Yunani tidak bernilai di NATO," sebut dia, sambil menambahkan bahwa aliansi tersebut kuat bersama Turki.

Sumber,  https://www.aa.com.tr/id/turki/erdogan-yunani-tak-bisa-rusak-hubungan-turki-nato-dengan-pernyataan-negatif/2675321

Menteri Pertahanan Turki Hulusi Akar pada Jumat, mengecam provokasi berkelanjutan, tindakan ofensif dan tindakan ilegal Yunani terhadap Turki.

"Kami akan selalu menanggapi ketidaksopanan Yunani ini dan kami akan terus melakukannya," kata Akar pada upacara militer di provinsi Eskisehir.

Mengacu pada aksi provokasi Yunani baru-baru ini terhadap jet Turki di atas Laut Aegea dan Mediterania Timur, Akar mengatakan jet Turki saat itu sedang dalam misi NATO.

"Sejak 2 Juli, Turki memberi tahu tentang aktivitasnya kepada semua sekutu NATO, semua pihak mengetahuinya," kata Akar, seraya menambahkan bahwa "tidak mungkin" Athena tidak mengetahui tentang misi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement