Jumat 02 Sep 2022 22:50 WIB

Lima Tanda Anda Kekurangan Vitamin B12

Vitamin B12 adalah nutrisi yang tidak dibuat secara alami di dalam tubuh.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Ani Nursalikah
Pendarahan atau sariawan di mulut. Lima Tanda Anda Kekurangan Vitamin B12
Foto: Boldsky
Pendarahan atau sariawan di mulut. Lima Tanda Anda Kekurangan Vitamin B12

IHRAM.CO.ID, JAKARTA -- Kekurangan vitamin B12 telah menjadi masalah kesehatan umum di seluruh dunia. Hal ini dapat menyebabkan beberapa masalah kesehatan mulai dari masalah kulit, kesehatan mata yang buruk, dan masalah neurologis.

Dilansir dari Times of India, Kamis (1/9/2022), penting untuk mengawasi semua gejala yang dapat mengindikasikan penyakit tersebut. Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mencantumkan gejala tertentu yang terkait dengan kekurangan nutrisi ini.

Baca Juga

Selain itu, orang yang vegan atau vegetarian ketat juga mungkin kesulitan mendapatkan cukup vitamin B12 karena sebagian besar sumber makanan vitamin B12 termasuk produk hewani.

1. Kesemutan di Area Kaki

 

Parestesia atau kesemutan terasa seperti sensasi terbakar atau tertusuk-tusuk yang biasanya terjadi pada tangan, lengan, tungkai atau kaki. Namun, bisa juga terjadi di bagian tubuh lainnya.

Ini biasanya tidak menimbulkan rasa sakit dan muncul tiba-tiba tanpa peringatan. Itu terjadi ketika suplai darah ke saraf terputus. Ini biasanya ketika Anda duduk atau tidur di salah satu sisi tubuh Anda.

Sensasi ini biasanya berlangsung selama beberapa menit dan berhenti ketika Anda mengangkat beban dari bagian tubuh yang sakit. Hal ini karena memungkinkan aliran darah mengalir kembali.

2. Penyakit Mulut

Kekurangan vitamin B12 juga dapat menyebabkan masalah mulut, menyebabkan sariawan, luka, pembengkakan lidah dan kemerahan. Glossitis atau lidah merah dan sakit adalah salah satu tanda kekurangan B12. Menurut WebMD, glositis ditandai dengan benjolan kecil di lidah Anda (papil) yang bisa mulai hilang.

Mengapa ini terjadi? karena kekurangan vitamin B12 dapat menghasilkan sejumlah besar sel darah merah yang tidak berfungsi dengan benar, yang mengakibatkan anemia. Oleh karena itu, ini mengundang sejumlah gejala termasuk sariawan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement