Jumat 02 Sep 2022 19:50 WIB

Optimalisasi Syiar Islam, Kapasitas Iman dan Penceramah Perlu Diperkuat

Peningkatan kapasitas para imam dan dai membutuhkan pelatihan.

Dakwah
Foto: Dok. Republika
Dakwah

IHRAM.CO.ID,  JAKARTA --  Sekretaris Umum PW DMI Sulteng Muchtar Ibnu Masud mengatakan peningkatan kapasitas imam dan penceramah merupakan salah satu program unggulan PW DMI Sulteng, yang dilaksanakan dengan salah satu tujuannya yaitu optimalisasi syiar Islam.

Peningkatan kapasitas itu, kata dia, dilakukan melalui pelatihan yang dilaksanakan di Pondok Pesantren Insan Cita Indonesia, di Desa Kotarindau, Kecamatan Dolo, Sigi.

Baca Juga

Kegiatan pelatihan ini, sebut dia, akan dilakukan secara bertahap dalam satu tahun dengan membagi 800 imam dan dai dari 12 kabupaten dan satu kota di Sulawesi Tengah dalam 10 angkatan.

Setiap angkatan yang terdiri atas 80 imam dan dai, akan menjalani pembinaan selama 27 hari terhitung mulai 1 September 2.022, di Pondok Pesantren Insan Cita Indonesia.

 

"Sehingga setiap orang dari total 80 orang per angkatan itu memiliki kompetensi untuk menjadi imam dan juga menjadi penceramah," ungkapnya.

Ia mengatakan pembinaan untuk peningkatan kapasitas imam dan dai tersebut, merupakan ide dan gagasan besar Ketum DMI Sulteng Ahmad M Ali, yang diharapkan para imam dan dai nantinya dapat berperan di masing - masing masjid untuk pembinaan umat.

"DMI Sulteng sesuai arahan bapak Ahmad M Ali, adalah rumah besar umat Islam, maka setiap orang dapat bergabung dengan DMI untuk memaksimalkan implementasi visi memakmurkan masjid, salah satunya lewat peningkatan kapasitas imam dan dai," ungkapnya.

DMI Sulteng menghadirkan penceramah Ustad Das'ad Latif pada seremonial pembukaan kegiatan tersebut di Sigi.

Das'ad Larif mengingatkan kepada dai agar menyampaikan dakwah yang santun, ramah dan menjunjung tinggi perbedaan yang ada. "Olehnya dibutuhkan proses pembelajaran dan pendidikan yang baik dan berkesinambungan kepada dai," kata dia.

Das'ad juga mengingatkan kepada imam agar tidak membaca ayat - ayat yang panjang saat menjadi imam shalat berjamaah di masjid atau di tempat - tempat umum.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement