Monday, 8 Rajab 1444 / 30 January 2023

Beasiswa Riset Baznas 2022 untuk Mahasiswa Dibuka, Ini Cara Daftarnya

Jumat 02 Sep 2022 16:44 WIB

Rep: muhyiddin/ Red: Hiru Muhammad

 Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022. Program ini melengkapi tujuh program beasiswa lain yang telah digulirkan Baznas, yang memberi manfaat kepada mereka yang membutuhkan akses pendidikan.

Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022. Program ini melengkapi tujuh program beasiswa lain yang telah digulirkan Baznas, yang memberi manfaat kepada mereka yang membutuhkan akses pendidikan.

Foto: istimewa
Pendaftaran Beasiswa Riset Baznas dibuka mulai 5 September hingga 26 September 2022.

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) RI membuka pendaftaran Beasiswa Riset Baznas 2022. Program ini melengkapi tujuh program beasiswa lain yang telah digulirkan Baznas, yang memberi manfaat kepada mereka yang membutuhkan akses pendidikan. 

Pendaftaran Beasiswa Riset Baznas dibuka mulai 5 September hingga 26 September 2022 pukul 08.00 WIB. Program beasiswa riset ini merupakan program pembiayaan dana riset tugas akhir mahasiswa dari jenjang diploma, sarjana, ataupun pascasarjana. 

Baca Juga

Beasiswa Riset Baznas untuk kategori umum, diberikan kepada mahasiswa aktif yang sedang menyusun tugas akhir untuk menyelesaikan studi dan memperoleh gelar diploma, S1, S2, S3. Calon penerima beasiswa kategori ini adalah WNI di seluruh kampus dan jurusan dengan akreditasi minimal B oleh BANPT. 

Ketua Baznas RI, Prof KH Noor Achmad mengatakan, beasiswa Riset Baznas bertujuan untuk memberikan bantuan dana riset tentang zakat yang prospektif, mengembangkan riset tentang zakat bagi kemaslahatan umat, dan mengembangkan inovasi-inovasi penghimpunan, pendistribusian serta pendayagunaan zakat.

"Alhamdulillah Beasiswa Riset Baznas konsisten diadakan setiap tahun, di samping program beasiswa lain yang digulirkan Baznas," ujar Prof Noor dalam siaran pers yang diterima //Republika.co.id//, Jumat (2/8).

Menurut dia, memiliki komitmen yang kuat dalam dunia pendidikan, selain untuk memberikan akses pendidikan yang layak kepada mereka yang membutuhkan, Baznas juga bertekad untuk mengembangkan ekosistem zakat melalui riset yang bermanfaat bagi umat. 

Noor menambahkan, pada program ini, tak hanya sekadar pemberian beasiswa pada umumnya, namun juga disertai adanya paparan riset bulanan dan hasilnya bisa diakses publik secara gratis.

Sementara itu, Pimpinan Baznas RI Bidang Pendistribusian dan Pendayagunaan, Saidah Sakwan menjelaskan, setiap penerima bantuan riset untuk jenjang S-1 akan menerima dana Rp 4.000.000, sedangkan S-2 mendapatkan Rp 7. 000.000, dan S-3 memperoleh dana riset Rp10. 000.000.

"Beasiswa riset zakat ini sangat diperlukan demi penguatan dan pengembangan literasi zakat di lingkungan kampus dan melengkapi khazanah kajian dan penyaluran zakat. Riset yang dihasilkan akan sangat berguna, dan bermuara pada membantu program Baznas dalam pengentasan kemiskinan," ucap Saidah. 

Program Beasiswa Riset Baznas dapat terlaksana berkat adanya dana zakat, infak, dan sedekah yang disalurkan masyarakat melalui Baznas. Melalui program ini, dana yang disalurkan melalui Baznas, dikemas kembali oleh Baznas menjadi program yang bermanfaat dan memberi makna bagi masyarakat secara luas. 

"Terima kasih atas partisipasi masyarakat yang terus bersama Baznas untuk memberikan perubahan positif kepada mustahik maupun mereka yang membutuhkan uluran bantuan. Baznas terus berkomitmen menjaga amanah dengan sebaik-baiknya, dan terus hadir di tengah masyarakat melalui program yang bermanfaat," kata Saidah. 

Untuk melakukan pendaftaran, dapat diunduh dan melengkapi formulir pendaftaran sesuai format berkas persyaratan di: https://bit.ly/syaratrisetbaznas2022

Kemudian peserta dapat mendaftarkan diri dan mengunggah berkas pendaftaran di: https://bit.ly/risetbaznas2022.

Panduan beasiswa dapat dipelajari dengan mengunduh Petunjuk Teknis Pendaftaran Beasiswa di https://bit.ly/syaratrisetbaznas2022

 

n/Muhyiddin

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA