Kamis 01 Sep 2022 20:41 WIB

Sandiaga Siap Jadi Capres, Gerindra Ingatkan Etika Berpolitik

Gerindra menegaskan telah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai capres 2024.

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap menjadi capres pada Pilpres 2024, meski Gerindra telah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. (ilustrasi)
Foto: ANTARA/Muhammad Adimaja
Menparekraf Sandiaga Uno menyatakan siap menjadi capres pada Pilpres 2024, meski Gerindra telah resmi mengusung Prabowo Subianto sebagai capres. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Harian DPP Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad mengatakan bahwa pihaknya tak bisa melarang Wakil Ketua Pembina Partai Gerindra Sandiaga Salahuddin Uno yang mengaku siap maju di pemilihan presiden (Pilpres) 2024. Menurutnya, itu merupakan hak politik sebagai warga negara Indonesia.

Meski tak melarang hak politik Sandiaga, ia mengingatkan ihwal etika kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu. "Kan sebagai seorang yang aktif berpolitik, tentunya yang bersangkutan tahu batas-batas dan etika, ketika kemudian mau maju menjadi capres apalagi dari partai lain," ujar Dasco di Gedung Nusantara III, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (1/9/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan, kesiapan Sandiaga merupakan pendapat pribadi yang tak dilarang oleh konstitusi. Silaturahim yang dilakukan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) itu juga merupakan penjajakan yang bersifat pribadi.

"Saya pikir soal penjajakan-penjajakan itu ya mungkin karena Pak Sandi pengin coba menjajaki dan karena dia sudah siap tentunya nantinya akan ada langkah politik yang diambil oleh Pak Sandi. Itu Pak Sandi yang tahu," ujar Dasco.

Partai Gerindra, jelas Dasco, akan mengkomunikasikan hal tersebut kepada Sandiaga. Pasalnya, partai berlambang kepala garuda itu telah resmi ingin mengusung Prabowo  Subianto sebagai calon presiden (capres).

"Cepat atau lambat soal komunikasi kan itu pasti terjadi itu, cuma saya tidak mau kasih tahu media massa. Itu rahasia," ujar Wakil Ketua DPR itu.

Diketahui, Sandiaga telah menyatakan kesiapannya mencalonkan diri dalam Pilpres 2024, karena merasa memiliki pengalaman di Pilpres 2019. Pernyataan kesiapannya tersebut disampaikan dalam forum silaturahmi dengan pengurus DPW Partai Persatuan Pembangunan (DPP) Yogyakarta.

Adapun ketika bersilaturahmi dengan DPW PPP Lampung, ia mengatakan bahwa pihaknya akan terus berkomunikasi dan dalam rangka menjalankan tugas dan fungsi. Apalagi kata Sandiaga Uno pemerintah tengah fokus pada bidang ekonomi.

Dia fokus dalam bagaimana memperbaiki ekonomi dalam jalur melanjutkan pembangunan yang sudah dibantu Presiden Jokowi selama delapan tahun terakhir. Hal tersebut karena politik yang sangat inovatif, sangat membangun dari segi kebersamaan karena fokusnya adalah di bidang yang dibutuhkan masyarakat Indonesia yakni di bidang ekonomi.

"Itu yang saya sampaikan tadi, siapapun yang diminta harus siap. Karena ini merupakan perjuangan NKRI menjadi negara adil, makmur, dan sejahtera. Seandainya saya ditawarkan capres dari KIB itu tentunya akan ditentukan pada saatnya, tapi di dalam membangun Indonesia kita harus mengedepankan yang terbaik bagi bangsa dan negara," ujar Sandiaga saat diundang jamuan makan siang oleh pengurus DPW PPP Lampung di Kota Bandar Lampung, Sabtu (27/8/2022).

 

photo
Tiga Pasang Capres-Cawapres Terkuat - (Infografis Republika.co.id)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement