Kamis 01 Sep 2022 16:40 WIB

Permainan Kartu Edukatif Jadi Sarana Belajar Kimia

Kartu Cleo masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kartu edukatif Cleo yang menjadi sarana belajar kimia.
Foto: Dokumen
Kartu edukatif Cleo yang menjadi sarana belajar kimia.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Ilmu kimia merupakan bagian pelajaran bidang studi ilmu pengetahuan alam. Yang mana, mempelajari tentang susunan-susunan struktur dan sifat skala atom, seputaran molekul sampai perubahan-perubahan energi yang menyertainya.

Untuk mempelajari kimia, siswa di sekolah tingkat menengah pertama dan menengah atas diharuskan memiliki penguasaan terhadap konsep dasar dalam ilmu kimia. Satu landasan pokok kimia yang harus dikuasai merupakan Sistem Periodik Unsur (SPU).

Hal itu dikarenakan SPU jumlahnya yang cukup banyak, yakni 118 unsur, membuat sebagian besar siswa merasa kesulitan dalam memahami materi SPU di sekolah. Lima mahasiswa Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta melihat kendala siswa dalam mempelajari mata pelajaran kimia ini.

Ada Rindi Eliza Arta (Kimia), Mandrea Nora (Kimia), Ryan Kusnadi (Teknologi Informasi), Tari Hardiani Safitri (Teknik Industri), dan Iqbal Wahdan Salsabil (Ilmu dan Industri Peternakan). Pengembangan didampingi oleh Dr Niko Prasetyo.

Mereka mengembangkan inovasi permainan edukatif bernama Cleo, yang merupakan kependekan dari Chemical Learning with Uno Card. Mengadaptasi dari permainan kartu uno sebagai salah satu sarana edukasi dalam memahami ilmu kimia siswa.

"Cleo dirancang penuh dengan animasi berwarna, dan memiliki aturan bermain yang menyenangkan agar tercipta permainan yang menyenangkan dalam belajar ilmu kimia ," kata Rindi, Kamis (1/9/2022).

Selain desain menarik, Cleo terintegrasi Augmented Reality (AR) dan dilengkapi dengan Voice Over (VO) sebagai penunjang. AR menampilkan informasi tambahan yang bersangkutan bila di-scanning dalam kartu memakai aplikasi yang telah disiapkan.

Iqbal menerangkan, dalam permainannya saat kartu Cleo di-scan nantinya mengeluarkan suara yang menjelaskan fakta menarik mengenai setiap unsur yang didapat. Adanya voice over itu membuat Cleo dapat dinikmati semua kalangan. "Termasuk, yang memiliki keterbatasan sekalipun," ujar Iqbal.

Diharapkan, Cleo ini tidak cuma sebagai hiburan, namun menjadi permainan dan jalan pintas bagi siswa belajar kimia. Iqbal menekankan, kartu Cleo masih akan terus dikembangkan dalam penyempurnaan sistem dan mengikuti kebutuhan pasar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement