Ahad 04 Sep 2022 11:48 WIB

Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar

Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar

Red:
Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar
Laporan PBB soal Warga Muslim Uyghur Akhirnya Keluar

Selamat datang di bulan September!

ABC Indonesia merangkum berita-berita utama yang terjadi dalam 24 jam terakhir dalam Dunia Hari Ini, edisi Kamis 1 September 2022.

Peringatan 25 Tahun Meninggalnya Putri Diana

Mereka yang mencintai keluarga kerajaan Inggris meninggalkan pesan dan bunga di Paris dan London untuk memperingati 25 tahun meninggalnya Putri Diana.

Di Paris, warga memberikan balon dan gambar-gambar di dekat patung Flame of Liberty. Sementara di Inggrs warga menaruh bunga dan pesan di Istana Kensington, London,  tempat di mana Diana pernah tinggal sebelum meninggal.

"

"Tidak terasa sudah 25 tahun, padahal rasanya seperti terjadi kemarin," kata Jane Crook salah seorang yang memberikan penghormatan.

"

Putri Diana bersama pacarnya, Dodi Fayed, berserta sopir Henri Paul meninggal ketika mobil yang mereka tumpangi menabrak beton di Terowongan Alma, Paris, 31 Agustus 1997.

Laporan PBB mengenai Xinjiang

Laporan Komisi Hak Asasi Manusia di PBB yang sudah lama ditunggu-tunggu akhirnya keluar.

Dalam laporan setebal 48 halaman tersebut disebutkan penahanan terhadap warga Muslim Uyghur dan warga minoritas lainnya di kawasan Xinjiang di China kemungkinan bisa masuk dalam kategori kejahatan terhadap kemanusiaaan.

Komisioner HAM PBB, Michelle Bachelet, tidak mempedulikan desakan China yang meminta agar laporan tersebut tidak diterbitkan.

Dalam lima tahun terakhir lebih dari 1 juta warga Uyyghur dan etnis minoritas lainnya menjalani penahanan massal di Xinjiang, yang disebut pemerintah China sebagai "tempat pelatihan". Tapi mereka yang pernah ditahan mengatakan tempat itu adalah "pusat tahanan yang brutal".

Warga Rusia jadi sulit berpergian

Uni Eropa memutuskan untuk membuat warga Rusia yang ingin pergi ke negara-negara lain di Eropa menjadi lebih sulit dan lebih mahal.

Kepala Kebijakan Luar Negeri Uni Eropa,Josep Borrell, mengatakan akan lebih sedikit warga Rusia yang akan mendapatkan visa untuk ke Eropa.

Sementara itu, sejumlah kepala negara di Eropa juga menuduh Rusia telah menggunakan masalah energi sebagai alat "perang".

Rusia menghentikan semua pasokan gas lewat pipa utama ke Eropa dengan alasan sanksi dari negara-negara Barat sebagai penyebabnya.

Isolasi mandiri COVID diperpendek

Perdana Menteri Anthony Albanese dan para kepala negara bagian menyetujui untuk melonggarkan aturan COVID-19, yang dianggap sebagai tanggapan "yang proposional" di masa pandemi. Berikut beberapa pelonggaran aturan:

  • Mereka yang positif mengidap COVID-19 hanya perlu melakukan isolasi lima hari mulai 9 September
  • Pekerja di sektor risiko tinggi termasuk perawatan lansia dan difabel, serta mereka yang memiliki gejala masih tetap perlu isolasi selama tujuh hari
  • Keharusan menggunakan masker dalam penerbangan domestik akan dihapus juga mulai 9 September

Serena Williams ke babak ketiga AS Terbuka

Petenis Amerika Serikat Serena Williams masih bertahan di nomor tunggal putri turnamen Grand Slam US Open.

Dalam pertandingan babak kedua di Stadion Arthur Ashe Williams mengalahkan unggulan kedua Anett Kontaveit 7-6, 2-6, 6-2.

Hari Jumat besok, Serena akan berhenti setelah turnamen AS Terbuka tahun ini, setelah menghadapi petenis Australia Ajla Tomljanović di babak ketiga.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan ABC News (Australian Broadcasting Corporation). Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab ABC News (Australian Broadcasting Corporation).
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement