Kamis 01 Sep 2022 22:26 WIB

Lewat KWN 2022, Panasonic Bangun Potensi dan Kreativitas Anak

Panasonic lewat Kid Witness News bangun kepekaan anak terhadap lingkungan

Panasonic kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pengembangan potensi dan kreatifitas anak – anak Indonesia melalui ajang Kid Witness News (KWN) 2022.
Foto: istimewa
Panasonic kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pengembangan potensi dan kreatifitas anak – anak Indonesia melalui ajang Kid Witness News (KWN) 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anak-anak merupakan generasi penerus sekaligus aset berharga bagi setiap bangsa di dunia, yang memiliki banyak potensi dengan daya kreatifitas serta inovasi tinggi, yang dapat berkontribusi terhadap tingkat kesejahteraan dan kemajuan negara pada masa depan. Panasonic kembali menunjukkan kepeduliannya terhadap pengembangan potensi dan kreatifitas anak – anak Indonesia melalui ajang Kid Witness News (KWN) 2022.

KWN 2022 merupakan implementasi dari salah satu program CSR PT Panasonic Gobel Indonesia (PGI) terkait pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), yang selaras dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau yang biasa disebut SDGs (Sustainable Development Goals) dari UN.

Sementara Kids Witness News adalah program global yang diinisiasi oleh Panasonic Internasional yang memberdayakan anak-anak usia 10-15 tahun, dengan tujuan untuk meningkatkan kepekaan anak-anak terhadap kondisi lingkungan sekitarnya, dan bersama sama mencari solusi yang dijelaskan dengan kreativitas dan keterampilan komunikasi melalui sebuah karya video kreatif berdurasi 10 – 15 menit. Adapun program ini telah dilaksanakan secara global selama 28 tahun dan mulai dilaksanakan di Indonesia pada  2003.

President Director PT Panasonic Gobel Indonesia Keisuke Nakagawa, mengatakan, pihaknya selalu berupaya dapat berkontribusi dalam mengembangkan potensi anak-anak Indonesia bidang kreatif. Kali ini Panasonic Gobel Indonesia (PGI) Kembali mengadakan KWN 2022 yang mengangkat tema “Sustainable Development Goals”, sebagai bentuk partisipasi dan berperan aktif dalam Kid Witness News ke 15 kalinya di Indonesia, juga dalam rangka mencari talenta muda yang mampu menyampaikan pandangan dan opininya melalui cara yang kreatif.

“Program Kid Witness News 2022 merupakan bagian dari komitmen Panasonic dalam memberikan kesempatan pada generasi muda Indonesia yang berusaha 10-15 tahun untuk mengembangkan bakat dan kreativitas, terutama dalam hal pembuatan film pendek," ujarnya dalam keterangan tulis, Kamis (1/9/2022).

Ke depan diharapkan, dapat terus meningkatakan kualitas dari sumber daya manusia di Indonesia, sehingga memberikan kebahagiaan juga kesejahteraan yang lebih baik sesuai tagline perusahaan Live Your Best.

Sementara itu Head of Corporate Communication PT PGI Viya Arsawireja, menambahkan, program ini memiliki fase-fase yang diawali dengan sosialisasi ke Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) terkait KWN, pendaftaran, pengiriman script hingga dilanjutkan dengan seleksi empat finalis terbaik berkesempatan mendapatkan pelatihan (workshop) yang meliputi penulisan naskah, sinopsis, proses perekaman gambar (shooting), editing, music scoring dan soundtracking pada 25 – 26 Agustus 2022.

Dari fase script submission yang telah dilakukan dari 25 Juli hingga 15 Agustus 2022, telah terpilih empat finalis dengan jalan cerita terbaik yaitu dua dari tingkat SD (SD NEGERI CIPINANG CEMPEDAK 07 & SD SUMBANGSIH DUREN BANGKA) dan dua dari tingkat SMP (SMPN 179 & SMPN 36).

“Kami bekerja sama dengan berbagai pihak yang kredibel dan profesional untuk menghasilkan penilaian yang objektif yaitu Heru Susanto, Public Speaker & Scriptwriter dapat proses penjurian. Profesional tersebut juga, akan mempersiapkan tim tim terpilih untuk berkompetisi tingkat global, karena kami nantinya akan memilih dua video terbaik diperkenalkan kepada anak-anak lainnya di dunia," ucapnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement