Kamis 01 Sep 2022 04:00 WIB

QRIS Cross Border Tingkatkan Potensi Wisata Halal

Saat ini, layanan QRIS sudah bisa digunakan di Thailand.

Rep: Lida Puspaningtyas/ Red: Nidia Zuraya
Ilustrasi penggunaan QRIS.
Foto: Www.freepik.com
Ilustrasi penggunaan QRIS.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- QRIS cross border akan memudahkan transaksi pembayaran lintas negara dan meningkatkan pariwisata, termasuk wisata ramah muslim atau wisata halal. Saat ini, QRIS sudah bisa digunakan di Thailand.

Direktur Utama Bank Syariah Indonesia, Hery Gunardi mengatakan, BSI siap menghadirkan kemudahan bagi nasabah dan wisatawan untuk berbagai kebutuhan transaksi digital melalui QRIS BSI Mobile. BSI adalah satu dari delapan Penyelenggara Jasa Pembayaran (PJP) yang telah mengimplementasikan QRIS cross border dan satu-satunya bank syariah.

Baca Juga

"Konektivitas ini dapat mendongkrak pertumbuhan sektor pariwisata, mendukung UMKM di dalam negeri, sekaligus mendorong ekonomi keuangan digital secara nasional," katanya dalam keterangan, Rabu (31/8/2022).

Tersambungnya sistem pembayaran QRIS BSI di Thailand akan mempermudah nasabah dan wisatawan Indonesia dalam bertransaksi secara non tunai di negeri Gajah Putih tersebut. Konektivitas pembayaran di ASEAN juga dinilai akan semakin inklusif.

Ini akan meningkatkan transaksi usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan dunia pariwisata antar kedua negara. Indonesia dan Thailand dinilai memiliki banyak potensi wisata halal yang memiliki prospek untuk terus berkembang.

Direktur Sales & Distribution BSI, Anton Sukarna menambahkan BSI bersyukur dapat menjadi salah satu dari delapan institusi penyelenggaraan jasa pembayaran QRIS Indonesia-Thailand. Ia berharap hal ini dapat memudahkan nasabah dan masyarakat Indonesia melakukan transaksi pembayaran saat berkunjung ke Thailand.

BSI melihat potensi yang sangat baik dengan pemberlakuan QRIS antar negara ini. Mengingat kunjungan warga negara Indonesia ke luar negeri, terutama ke negara Thailand, diperkirakan akan meningkat seiring mulai berkurangnya kasus Covid-19.

Adapun cara bertransaksi menggunakan QRIS di Thailand sangat mudah dan sama dengan penggunaan QRIS di Indonesia. Nasabah atau masyarakat cukup membuka aplikasi BSI Mobile lalu memilih menu QRIS dan men-scan barcode QRIS yang ada di toko atau merchant lainnya.

Pemberlakukan QRIS antar negara ini juga diyakini dapat mendorong pertumbuhan penggunaan layanan BSI mobile. Per Juni 2022, pengguna BSI Mobile telah mencapai 4,07 juta, naik sebesar 81 persen (yoy).

Sementara transaksi kumulatif BSI Mobile per Juni 2022 mencapai 117,72 juta transaksi dan berkontribusi memberikan fee based income sebesar Rp 119 miliar. Adapun transaksi QRIS BSI, lanjut Anton, juga terus meningkat secara signifikan.

Pada Januari hingga Juni 2022, total transaksi QRIS BSI sebesar 2,7 juta transaksi dengan nilai mencapai Rp 524 miliar. Jumlah tersebut jauh lebih tinggi dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu yaitu sebanyak 459 ribu transaksi dengan nilai sebesar Rp 37 miliar.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement