Rabu 31 Aug 2022 16:04 WIB

Jalan Singosaren Bergelombang, Pemkot Solo Prioritaskan Perbaikan

Banyak jalan di Kota Solo yang sudah saatnya diperbaiki karena faktor usia.

Rep: c02/ Red: Yusuf Assidiq
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
Foto: Muhammad Noor Alfian
Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Jalan kawasan Singosaren sempat dikeluhkan masyarakat di media sosial akibat bergelombang. Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengakui, kondisi jalan di kawasan Singosaren memang dalam kondisi rusak.

Oleh karena itu, ia akan memprioritaskan perbaikan. “Intinya memang rusak kok, nanti kita perbaiki karena itu kan prioritas. Sedangkan Jalan Gatot Subroto juga akan dilakukan perbaikan, itu prioritas ya. Sudah dimasukkan ke PUPR juga,” katanya.

Gibran juga menjelaskan ada banyak jalan yang mengalami kerusakan. Menurutnya, banyak jalan di Kota Solo yang sudah saatnya diperbaiki karena faktor usia.

“Nanti ada beberapa paket lagi, banyak paketnya ada beberapa paket, perkim ya paketnya banyak, banyak koridor-koridor juga yang kita perbaiki. Intinya banyak jalan yang sudah waktunya dilakukan pembaharuan,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembangunan Jalan dan Jembatan Dinas PUPR Kota Solo, Joko Supriyanto mengatakan, pihaknya sudah memasukkan usulan perbaikan jalan kawasan Singosaren sejak Juli lalu. Ia juga sudah membahas usulan di Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) 2022.

“Itu sudah jadi bahan usulan kita di RAPBD 2022 sejak pembahasan pada Juli. Kita masukkan di Kebijakan Umum Anggaran (KUA) Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) sudah dibahas tinggal tunggu ketok palu perda,” jelasnya.

 

Joko menjelaskanpenyebab terjadinya aspal bergelombang sampai saat ini belum diketahui. Namun, salah satunya penyebab bergelombang adalah angkutan berat.

“Saya kurang tahu apakah kendaraan berat lewat situ, tapi penyebabnya karena gliding aspalnya bisa ngeluntung emang terbesar kalau ada angkutan berat. Tapi di situ kayaknya tidak ada yang lewat,” katanya.

Selanjutnya, Joko mengatakan perbaikan akan dilakukan secara paket mulai dari ujung Pasar Klewer sampai ke perempatan Singosaren Gatot Subroto.

“Karena yang mulai dari perempatan ke barat kita usulkan dibangun dengan paket koridor Jalan Rajiman yang dulu sudah kita tangani. Kita juga usul nanti akan overlay ulang ke provinsi selain perbaikan juga drainase, trotoar, serta pengaspalan,” terang dia.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement