Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Pemkot Depok Lakukan Normalisasi Tiga Sungai untuk Antisipasi Banjir

Rabu 31 Aug 2022 08:57 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Alat berat dikerahkan untuk menormalisasi sungai yang mengalir di Kota Depok, Jawa Barat.

Alat berat dikerahkan untuk menormalisasi sungai yang mengalir di Kota Depok, Jawa Barat.

Foto: Dok Pemkot Depok
Normalisasi dilakukan di Kali Grogol, Kali Cabang Barat, dan Kali Pesanggrahan.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok melakukan normalisasi terhadap tiga sungai sebagai upaya pencegahan banjir ketika hujan turun. Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty mengatakan, dengan melakukan normalisasi, diharapkan sungai dapat berfungsi dengan baik untuk mengalirkan air dengan lancar.

Ketiga sungai tersebut adalah Kali Grogol di Perumahan Mampang Indah 2, Kelurahan Rangkapan Jaya, Kali Cabang Barat di Kelurahan Krukut, dan Kali Pesanggrahan di Kelurahan Pasir Putih. Menurut dia, normalisasi dilakukan dengan menggunakan sejumlah alat berat, seperti mini amfibi, dozan, dan spider.

Normalisasi dilakukan sepanjang satu kilometer dengan kedalaman tiga meter itu untuk mengangkat sedimen lumpur dan pasir. Menurut Citra, normalisasi Kali Grogol dan Kali Cabang Barat dimulai pada bulan ini. Adapun Kali Pesanggrahan sudah lebih dulu dimulai.

Dia menyampaikan, tidak ada target kapan normalisasi selesai. Yang jelas, sambung dia, alat berat dikerahkan sampai fungsi kali kembali normal atau maksimal. "Harapan saya normalisasi kali bisa mengembalikan fungsi kali seperti sedia kala, sehingga dapat mengalirkan air secara maksimal," kata Citra.

Kota Depok ketika hujan turun dengan deras sejumlah wilayah mengalami banjir yang membuat jalan yang dilalui kendaraan menjadi terhambat sehingga menimbulkan kemacetan yang panjang. Seperti di Jalan Arif Rahman Hakim pada pertengahan Agustus 2022, jalan tersebut digenangi air pada sore hari sehingga aktivitas di jalan tersebut terhambat akiba kemacetan sampai Jalan Margonda.

Warga Depok berharap agar Pemkot Depok bisa menyelesaikan permasalahan banjir di jalan tersebut. Sehingga jika hujan turun air segera menyusut dengan cepat. "Mudah-mudahan masalah banjir yang berulang bisa segera diselesaikan," kata seorang warga Depok, Anto.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA