Rabu 31 Aug 2022 03:44 WIB

Bagasi Hilang Saat Naik Pesawat, Apa yang Harus Dilakukan?

Permasalahan bagasi yang hilang menjadi semakin umum bagi traveler sejak 2022.

Rep: Amri Amrullah/ Red: Qommarria Rostanti
Bagasi hilang ketika naik pesawat. (ilustrasi)
Foto: republika
Bagasi hilang ketika naik pesawat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perjalanan menggunakan pesawat terbang masih dirasa merepotkan ketika membawa banyak barang, apalagi ketika penumpang mengalami kehilangan bagasi. Tidak jarang penumpang stres akibat layanan yang lamban menemukan bagasi yang hilang.

Untuk menghindari kehilangan barang bawaan, Anda bisa saja bepergian dengan bawaan yang ringan, tanpa bagasi tambahan. Namun hal itu juga tidak mudah.

Baca Juga

Bila bawaan terlalu banyak, Anda disarankan tiba di bandara dengan waktu lebih awal sehingga ada luang waktu menitipkan barang bawaan di bagasi awal yang lebih aman. Meski begitu, peluang bagasi hilang tetap ada. Terkadang, barang bawaan Anda tidak keluar dari roda bagasi yang berputar-putar sehingga Anda menyadari bahwa koper Anda tidak akan muncul dan hilang. Lantas apa yang sebaiknya Anda lakukan?

Permasalahan bagasi yang hilang menjadi semakin umum bagi traveler sejak 2022. Pakar perjalanan di Bounce memberikan tips terbaik mereka tentang apa yang harus dilakukan penumpang jika bagasi hilang.

Apabila masih berada di bandara, segera hubungi maskapai terlebih dahulu. Lakukan ini sesegera mungkin. Biasanya ada perwakilan maskapai di bandara. Jika tidak, cari sumber informasi kontak mereka dan telepon.

Bersiaplah untuk melengkapi laporan bagasi hilang yang menjelaskan model, merek, dan warna bagasi Anda. Jika Anda menyimpan detail terkait perjalanan di ponsel Anda, itu akan membantu dalam keadaan darurat.

Lantas apa saja yang harus dilakukan ketika barang bawaan Anda hilang? Berikut penjelasannya dilansir laman Forbes pada akhir pekan lalu:

1. Minta agar bagasi Anda dikirim

Ketika berbicara dengan seseorang dari maskapai, minta mereka untuk meneruskan bagasi kepada Anda, baik di rumah atau ke akomodasi tujuan liburan Anda. Maskapai penerbangan yang bersangkutan harus selalu menawarkan layanan ini.

Namun, periksa kembali kapan proses dan sampai ke tangan Anda akan berlangsung dan detail lainnya. Jangan lupa, tuliskan. Untuk memeriksa pengiriman bagasi, Anda bisa saling tukar nomor telepon dengan pihak maskapai penerbangan.

2. Periksa pengembalian dana

Jika bagasi hilang, Anda mungkin dapat meminta pengembalian biaya bagasi terdaftar. Jika bagasi Anda tertunda atau hilang, maskapai memiliki waktu 21 hari untuk menemukannya dan mengirimkannya kepada Anda.

Jika Anda mendapatkan kembali bagasi dalam waktu 21 hari, Anda masih dapat mengeklaim kompensasi untuk bagasi yang tertunda. Jika tidak, Anda dapat mengajukan klaim untuk bagasi yang hilang. Periksa kebijakan maskapai yang digunakan.

3. Simpan semua tanda terima

Jika Anda terjebak tanpa barang bawaan selama beberapa hari, kemungkinan Anda harus membeli barang-barang seperti pakaian, perlengkapan mandi, dan kebutuhan pokok lainnya. Simpan tanda terima pembelian, karena Anda harus diberi kompensasi untuk itu.

4. Periksa asuransi

Polis asuransi yang berbeda akan memiliki cakupan yang berbeda pula. Periksa apakah asuransi perjalanan Anda menanggung kehilangan bagasi atau tidak. Jika tidak, periksa asuransi pemilik rumah Anda, atau kartu kredit yang Anda gunakan untuk memesan penerbangan, karena ini terkadang juga kehilangan manfaat bagasi. Jika kehilangan bagasi menjadi masalah bagi Anda, pertanggungan asuransi layak untuk dipertimbangkan.

5. Periksa bagasi saat kembali

Anda mungkin akan mendapatkan kembali barang bawaan Anda. Ketika itu terjadi, pastikan untuk memeriksanya secara menyeluruh terkait kerusakan dan kemungkinan barang-barang yang hilang.

Jika barang ditemukan rusak atau hilang, maskapai harus memperbaiki atau menggantinya. Menyimpan daftar semua barang yang Anda kemas, dan catatan foto beberapa barang berharga akan membantu dalam proses ini.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement