Selasa 30 Aug 2022 19:30 WIB

Prima DMI Apresiasi Program Bersih-Bersih 45 Ribu Masjid se-ASEAN

Program bersih-bersih implementasi dari ikhtiar untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah.

Rep: Fuji Eka Permana/ Red: Agung Sasongko
Program Bersih-Bersih Masjid (Ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Program Bersih-Bersih Masjid (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perhimpunan Remaja Masjid (Prima) Dewan Masjid Indonesia (DMI) mengapresiasi Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) yang menggelar program bersih-bersih 45 ribu masjid se-ASEAN. PRIMA DMI menilai program bersih-bersih masjid di kawasan ASEAN merupakan implementasi dari ikhtiar untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah dan memupuk rasa kebersamaan bagi komunitas masjid ASEAN.

Ketua Departemen Hubungan Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Prima DMI, Muhammad Ibrahim Hamdani, mengatakan, sebagai badan otonom DMI, Prima DMI mendukung penuh kegiatan "Konferensi Internasional Masjid ASEAN" yang telah dilaksanakan oleh DMI. Salah satu hal penting dalam konferensi ini adalah ajakan dan imbauan Ketua Umum DMI bapak Muhammad Jusuf Kalla, agar umat Islam di kawasan ASEAN terus menjaga ukhuwwah Islamiyah, serta memupuk kebersamaan dalam konsep brbangsa dan bernegara, melalui masjid di kawasan ASEAN.

Baca Juga

Ibrahim mengatakan, hal penting lainnya yang Ketua Umum DMI sampaikan adalah masjid memiliki peranan yang sangat penting dalam membangun umat, khususnya di kawasan ASEAN.

"Berdasarkan pesan penting bapak Jusuf Kalla tersebut, Prima DMI memandang bahwa upaya aktif para pengurus dan pegiat serta aktivis masjid untuk bergerak membersihkan masjid-masjid di kawasan ASEAN merupakan implementasi dari ikhtiar untuk mempererat ukhuwah Islamiyyah dan memupuk rasa kebersamaan bagi komunitas masjid ASEAN," kata Ibrahim kepada Republika, Selasa (30/8/2022).

Menurutnya, kegiatan bersih-bersih masjid se-ASEAN yang dilakukan BKPRMI juga merefleksikan masjid sebagai sarana yang memiliki peranan sangat penting dalam membangun umat di kawasan ASEAN. Terlebih di masa pandemi Covid-19 ini.

"Sebagaimana hadits Nabi Muhammad SAW, bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman, maka masjid-masjid di kawasan ASEAN tentunya harus bersih dan sehat agar umat nyaman beribadah di dalamnya," ujar Ibrahim.

Sebelumnya diberitakan, dalam rangka memperingati Milad Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) ke-45, BKPRMI menggelar program pembersihan 45 ribu masjid se-ASEAN. Program pembersihan masjid dilaksanakan untuk menyampaikan pesan kepada generasi muda perlunya kebersihan di rumah ibadah.

Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) BKPRMI, Datuk Said Aldi Al Idrus, mengatakan, BKPRMI sudah membersihkan masjid-masjid sejak 5 Agustus 2022 yang diluncurkan di masjid Istiqlal. Sampai 30 Agustus 2022, sudah dibersihkan sebanyak 11 ribu masjid.

"Kami sudah jalan ke Singapura, ada beberapa masjid yang kami telah bersihkan di Masjid Sultan di Singapura, masjid di Malaysia Malaka, Kualalumpur, nanti ke Kamboja, Bangkok Thailand," kata Aldi Al Idrus kepada Republika, Selasa (30/8/2022).

Ia menyampaikan, program pembersihan masjid yang berjalan setiap hari di kawasan Indonesia saja. Setiap hari ada lima unit mobil BKPRMI yang bergerak membersihkan masjid dari pagi. Jadi setiap harinya ada sekitar 50 sampai 70 masjid yang dibersihkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement