Tuesday, 9 Rajab 1444 / 31 January 2023

Alun-Alun Kota Pekalongan Jadi Lokasi Wisata Gratis Kekinian

Selasa 30 Aug 2022 18:43 WIB

Red: Nora Azizah

Alun-alun Kota Pekalongan juga menjadi andalan wisata gratis bagi masyarakat (Foto: ilustrasi).

Alun-alun Kota Pekalongan juga menjadi andalan wisata gratis bagi masyarakat (Foto: ilustrasi).

Foto: Republika/Putra M. Akbar
Alun-alun Kota Pekalongan juga menjadi andalan wisata gratis bagi masyarakat.

REPUBLIKA.CO.ID, PEKALONGAN -- Pemerintah Kota Pekalongan, Jawa Tengah, akan menginisiasi kawasan Jalan Alun-Alun Pekalongan menjadi lokasi wisata kekinian secara gratis agar menjadi andalan tempat kunjungan masyarakat. Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Pekalongan Joko Purnomo di Pekalongan, Selasa (30/8/2022), mengatakan bahwa revitalisasi kawasan Alun-Alun sebagai ruang terbuka hijau diharapkan dapat menjadi tempat wisata baru yang bernuansa kekinian bagi masyarakat.

"Kami berharap penataan kawasan Alun-Alun ini bisa menjadi tempat wisata gratis bagi masyarakat yang mungkin terkendala biaya untuk mengunjungi tempat wisata berbayar," katanya.

Dikatakan, sekarang ini tujuan masyarakat berkunjung ke lokasi wisata tak hanya untuk sekadar melepaskan rasa lelah setelah menjalankan rutinitas namun juga ingin mengabadikan dengan berswafoto bahkan video dari tiap sisi. Pemkot, kata dia, akan menyediakan spot selfieyang menarik melalui penggantian paving lama dengan model tiga dimensi dan sejumlah tanaman yang artistik.

Baca Juga

"Kami ingin memanjakan masyarakat dapat menikmati suasana di kawasan Alun-Alun Pekalongan dengan nyaman sekaligus betah berada di lokasi itu," kata Joko.

Menurut dia, pihaknya telah menerima masukan DPRD agar setelah sisi bagian selatan kawasan Alun-Alun selesai dikerjakan maka pengerjaan sisi bagian tengah didahulukan sebelum beralih ke bagian utara. Usulan tersebut, kata dia, akan disampaikan kepada Wali Kota dan Sekretaris Daerah Kota Pekalongan agar bisa ditindaklanjuti.

"Kami berharap masyarakat bisa menjaga keindahan, ketertiban, dan kebersihan setelah pengerjaan kawasan Alun-Alun Kota Pekalongan selesai dibangun," katanya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA