Selasa 30 Aug 2022 17:26 WIB

Event UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8 Percepat Pemulihan Roda Perekonomian Daerah

Balap sepeda gunung UCI MTB Eliminator World Cup digelar di Palangka Raya

Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan suatu kebanggaan bagi Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8.
Foto: Pemprov Kalteng
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan suatu kebanggaan bagi Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan suatu kebanggaan bagi Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8 di antara negara-negara ASEAN lainnya. Hal ini disampaikan gubernur saat menyampaikan sambutannya pada pembukaan kejuaraan dunia balap sepeda gunung UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8 Tahun 2022 yang berlangsung di area Stadion Tuah Pahoe, Jl. Tjilik Riwut KM. 5 Kota Palangka Raya, Ahad (28/8/2022).

Kegiatan ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali. UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8 diikuti oleh para top rider baik dari nasional maupun internasional. Gubernur mengatakan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 adalah kejuaraan olahraga bersepeda kelas dunia yang telah diselenggarakan di delapan negara termasuk Indonesia. Kejuaraan ini telah dimulai sejak April hingga Agustus 2022. 

Baca Juga

Pada September 2022 mendatang, lanjut Sugianto, rangkaian kejuaraan ini akan berlanjut di tiga negara yaitu India, Prancis, dan Jerman. Kejuaraan bergengsi ini diikuti oleh atlet sepeda dari 30 negara. “UCI MTB Eliminator World Cup 2022 yang hari ini terselenggara, disiarkan secara langsung ke 132 negara melalui stasiun TV nasional dan swasta bekerja sama dengan CMB,” kata Sugianto.

Orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai ini mengatakan keberhasilan pelaksanaan UCI MTB Eliminator World Cup 2022 di Kalteng menjadi semangat bagi masyarakat untuk kembali siap menjadi tuan rumah world championship atau event bergengsi lainnya yang berskala nasional dan internasional. Adanya event kejuaraan dunia ini menjadi peluang untuk menggerakkan pemulihan roda perekonomian daerah dan nasional.

photo
Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Sugianto Sabran mengatakan suatu kebanggaan bagi Indonesia terpilih sebagai tuan rumah penyelenggaraan UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8. - (Pemprov Kalteng)

“Seluruh masyarakat Kalteng menyambut hangat kehadiran seluruh atlet, peserta, serta pengunjung dan wisatawan. Para peserta dan seluruh yang hadir setelah menginjakkan kaki di tanah berkah dan turut meminum dan menikmati air Sungai Kahayan maka telah menjadi bagian dari masyarakat Dayak dan menjadi duta untuk mempromosikan Kalimantan Tengah di mata dunia,” tegasnya.

Pembukaan UCI MTB dihadiri oleh The Honorable CEO MTB Kristof Broyneel beserta istri mewakili ketua umum ISSI, Wakil Ketua Komisi I DPR RI Utut Adianto, Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kalteng H Agustiar Sabran yang juga merupakan Ketua Panitia UCI MTB Eliminator World Cup 2022. Hadir pula Kelompok Ahli Menteri Dalam Negeri RI Irjen Pol (Purn) Hamidin dan Plt Staf Ahli Menteri Bidang Ekonomi dan Pembangunan La Ode Ahmad Pidana Balombo mewakili Menteri Dalam Negeri RI.

Hadir juga Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, Unsur Forkopimda, Ketua TP-PKK Ivo Sugianto Sabran, sekretaris daerah, staf ahli gubernur, asisten setda Kalteng, kepala perangkat daerah, wali kota/bupati se-Kalteng, kepala perbankan, pihak sponsor, dan seluruh pendukung kegiatan UCI MTB Eliminator World Cup 2022.

Hasil balapan sepeda gunung UCI MTB Eliminator World Cup Seri ke-8 Tahun 2022 untuk kategori Elite Men dimenangkan Quentin Schrotzenberger dari Prancis dan kategori Elite Women dimenangkan Marion Fromberger dari Jerman. Pada kategori Elite Men, Quentin Schrotzenberger jadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis disusul Simon Gegenheimer dari Jerman di posisi kedua dan Methasit Boonsane dari Thailand di posisi  ketiga. 

Selanjutnya, posisi keempat diraih Riyadh Hakim Lukman dari Singapora dan Ihza Muhammad dari Indonesia di posisi kelima. Sedangkan untuk ketegori Elite Woman, Marion Fromberger jadi pembalap pertama yang menyentuh garis finis disusul Warinthorn Phetpraphan dari Thailand di posisi kedua dan Ayu Triya Andriyana dari Indonesia di posisi  ketiga. Posisi keempat dan kelima direbut oleh Mariske Strauss dari Afrika Selatan dan Madison Boissiere dari Prancis.

Para pemenang mendapat kesempatan pengalungan medali emas untuk kategori Elite Men dan Elite Women langsung oleh Gubernur bersama istri Ivo Sugianto Sabran.

Event UCI MTB Eliminator World Cup 2022 berhasil menyedot banyak penonton dari dalam maupun luar negeri. Hal ini menjadi ajang promosi sekaligus momentum strategis memperkenalkan Kalteng di mata dunia. Berbagai macam produk-produk unggulan dari usaha kecil menengah, destinasi wisata, dan keragaman budaya yang berpijak pada kekayaan dan kearifan lokal Kalteng telah dipromosikan dalam event tersebut.

"Kita bersyukur bahwa seluruh kegiatan berjalan lancar, aman, tertib dan meriah," ungkap gubernur.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement