Selasa 30 Aug 2022 17:15 WIB

Menambahkan Mentega Ternyata Bisa Kurangi Tingkat Keasaman Kopi

Kopi yang ditambahkan mentega juga dikenal dengan sebutan 'Bulletproof Coffee'.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Nora Azizah
Kopi yang ditambahkan mentega juga dikenal dengan sebutan 'Bulletproof Coffee'.
Foto: Pixabay
Kopi yang ditambahkan mentega juga dikenal dengan sebutan 'Bulletproof Coffee'.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pencinta kopi pasti tidak pernah ketinggalan untuk menyeruput secangkir minuman hitam itu di pagi hari. Faktanya, kopi dengan berbagai olahan entah itu cold brew, espresso, flat white, atau berbagai olahan lainnya, memang benar-benar nikmat dan menambah semangat lewat kandungan kafeinnya.

Kopi sangat digemari, terutama oleh orang Amerika yang lebih sering mengonsumsi kopi daripada air putih, minuman ringan, atau teh. Meskipun kopi menawarkan segudang manfaat kesehatan, ternyata tidak semua orang cocok meminumnya.

Baca Juga

Asupan kopi dapat menghasilkan beberapa efek yang tidak diinginkan, mulai dari mulas hingga sakit perut. Jika termasuk di antara mereka yang memiliki perut yang sensitif terhadap kopi, maka perlu mengkonsumsi bahan yang lembut seperti secangkir teh.

Kopi memang bisa menyebabkan beberapa peminumnya mengalami sakit perut atau mulas, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong. Menurut Coffee Affection, dilansir dari tastingtable, Selasa (30/8/2022), hal ini kemungkinan disebabkan oleh tingkat keasaman kopi yang tinggi, sebuah faktor yang menyebabkan beberapa pecinta kopi secara khusus mencari kopi rendah asam.

Namun, situs tersebut menyarakan untuk menambahkan ghee (mentega ala India) ke minuman kopi pilihan, untuk dapat membantu melindungi dari sakit perut dengan menetralkan sebagian keasaman itu. Coffee Affection menulis bahwa kandungan kalsium ghee yang tinggi dapat membantu melawan keasaman kopi, dan karenanya membuat minuman lebih mudah dicerna. Ghee juga mengandung butirat, asam lemak anti-inflamasi yang telah terbukti meningkatkan kesehatan usus.

Gagasan menambahkan ghee ke kopi, mungkin sudah tidak asing lagi bagi beberapa orang yang pernah mencoba kopi bulletproof, yang diolesi mentega dan diklaim pertama kali ditemukan oleh penciptanya Dave Asprey dalam bentuk teh Tibet yang dicampur dengan mentega yak. Kopi bulletproof diklaim dapat meningkatkan fokus, meminimalkan keinginan makan camilan, dan membakar lemak. Tapi jika keinginan minum kopi di pagi hari tidak terlalu tinggi, maka sedikit ghee mungkin bisa membantu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement