Tuesday, 8 Rabiul Awwal 1444 / 04 October 2022

WhatsApp Jadi Aplikasi Super di India, Bisa Belanja Bahan Makanan

Selasa 30 Aug 2022 15:45 WIB

Rep: Meiliza Laveda/ Red: Ani Nursalikah

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

Sebuah ilustrasi foto menunjukkan logo aplikasi perpesanan media sosial Whatsapp.

Foto: EPA-EFE/IAN LANGSDON
WhatsApp menambahkan layanan belanja dalam aplikasi di India.

REPUBLIKA.CO.ID, NEW DELHI -- Meta mengumumkan peluncuran pengalaman belanja end-to-end pertama di WhatsApp. Langkah tersebut menekankan kembali aspirasi aplikasi untuk platform messenger.

WhatsApp menambahkan layanan belanja dalam aplikasi di India di mana pengguna akan dapat melakukan belanja bahan makanan daring langsung melalui obrolan. Pengalaman belanja dalam aplikasi yang baru adalah hasil kolaborasi antara Meta dan platform e-commerce India JioMart. Pengguna WhatsApp di India sekarang dapat mengakses JioMart melalui obrolan WhatsApp.

Baca Juga

“Senang meluncurkan kemitraan kami dengan JioMart di India. Ini adalah pengalaman belanja end-to-end pertama kami di WhatsApp,” kata Pendiri dan CEO Meta Mark Zuckerberg, dilansir Tech Spot, Selasa (30/8/2022).

Dengan mengobrol ke akun bisnis JioMart di WhatsApp, pengguna dapat memulai belanja dan menelusuri katalog JioMart. Kemudian mereka bisa menambahkan item ke troli dan melakukan pembayaran. Zuckerberg yakin interaksi berbasis obrolan semacam ini akan menjadi pendorong pertumbuhan di masa depan.

“Pesan bisnis adalah area dengan momentum nyata dan pengalaman berbasis obrolan seperti ini akan menjadi cara orang dan bisnis berkomunikasi di tahun-tahun mendatang,” ujar dia.

Kolaborasi antara Meta dan JioMart dimulai lebih dari dua tahun lalu ketika Meta mengakuisisi 9,99 persen saham di Jio Platforms, anak perusahaan dari perusahaan teknologi India Reliance Industries. Platform Meta dan Jio menjalin kemitraan strategis dengan tujuan transformasi digital dan merevolusi cara bisnis terhubung dengan konsumen di India. Integrasi JioMart juga diumumkan pada rapat umum tahunan ke-45 Reliance Industries awal pekan ini.

Kabar tersebut menunjukkan aspirasi WhatsApp untuk menjadi aplikasi super di India, mengikuti jejak WeChat pembangkit tenaga listrik China. Digunakan oleh lebih dari 1,2 miliar pengguna, WeChat merupakan bagian integral dari kehidupan sehari-hari di China yang menawarkan daftar fitur lengkap, mulai dari e-commerce hingga transportasi. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA