Selasa 30 Aug 2022 16:31 WIB

Kastil Zaabal, Benteng era Nabatean di Sakaka Saudi

Kastil Zaabal ada di Sakaka Arab Saudi.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Kastil Zaabal, Benteng era Nabatean di Sakaka Saudi
Foto: Arab News
Kastil Zaabal, Benteng era Nabatean di Sakaka Saudi

IHRAM.CO.ID,RIYADH -- Wilayah Jouf dibedakan oleh kastil dan bentengnya yang mencerminkan berbagai periode sejarah. Kastil Zaabal berada di puncak gunung di utara kota Sakaka di lokasi yang khas, menjulang dari bebatuan seolah-olah itu adalah perpanjangan alami darinya.

Dilansir dari laman Arab News pada Selasa (30/8/2022), era Nabatean membentang dari abad ke-1 SM ke abad ke-1 M. Bangunan saat ini berusia sekitar 200 tahun, dan dikelilingi oleh dinding batu serta lumpur.

Baca Juga

Bangunan ini ni memiliki empat menara berbentuk kerucut yang tingginya beberapa meter. Selain itu, ada dua kamar di dalam kastil.

Adapun Kastil ini merupakan salah satu benteng terkuat pada masanya, dan digunakan untuk melindungi penduduk Sakaka selama perang dan agresi. Ini digunakan untuk mengamankan jalan komersial yang melewati wilayah tersebut, dan menghubungkan Irak dan Suriah.

Di halaman kastil, ada cekungan berukir untuk mengawetkan air. Daerah di sekitar kastil sedang dikembangkan melalui restorasi dan pekerjaan bangunan yang sesuai dengan identitas kota serta arkeologi kastil untuk meningkatkan daya tariknya. Hal ini karena dianggap sebagai tengara sejarah dan wisata yang penting.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement