Senin 29 Aug 2022 10:43 WIB

Ini Pesan BPIP untuk 68 Paskibraka Setelah Dilepas ke Daerahnya

Wakil Kepala BPIP menekankan untuk tetap setia menjaga nilai-nilai Pancasila

Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2022 dilepas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk kembali ke Daerahnya masing-masing, pada Ahad (28/8/2022).
Foto: BPIP
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2022 dilepas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk kembali ke Daerahnya masing-masing, pada Ahad (28/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2022 dilepas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk kembali ke Daerahnya masing-masing, pada Ahad (28/8/2022). Wakil Kepala BPIP Karjono, saat melepas 68 Paskibraka menekanan untuk tetap setia dan menjaga nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Tidak hanya itu ia juga menegaskan Undang-undang Dasar 1945, Bhineka Tunggal Ika dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKR) merupakan pilar kebangsaan yang harus dijaga. "Kalian jangan pernah goyah, jangan pernah terkecoh oleh ideologi-ideologi lain selain Pancasila," ujarnya, dalam siaran pers.

Baca Juga

Ia bahkan menceritakan sejarah Paskibraka oleh para pendiri bangsa yang memiliki landasan nilai-nilai Pancasila. "Dari sejarah Paskibraka tersebut, inilah dijuluki perjanjian luhur bangsa dengan penuh nilai," tegasnya.

Dirinya juga menjelaskan Paskibraka saat ini tidak hanya menaikan dan menurunkan Bendera Sang Saka Merah Putih, tetapi mereka ada menjadi Duta Pancasia. "Dengan dukungan semua pihak maka Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang program pasukan pengibar bendera Dalam Perpres tersebut, Purnapaskibraka diangkat menjadi duta Pancasila," paparnya.

photo
Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Tingkat Pusat Tahun 2022 dilepas Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) untuk kembali ke Daerahnya masing-masing, pada Ahad (28/8/2022). - (BPIP)

Dirinya juga memastikan Paskibraka tahun ini akan ditunjuk menjadi Paskibraka pada peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni tahun 2023. Deputi Bidang Pengendaian dan Evaluasi BPIP Rima Agristina, mengaku haru dan bangga, karena pihaknya telah sukses dan lancar dalam menyelenggarakan dan bertanggungjawab atas Paskibraka tahun ini.

"Kita memiliki 7 langkah dalam pelaksanaan ini, dari mulai pendaftaran, pendidikan dan pelatihan, gladi sampai pelaksanaan dan syukur alhamdulillah semuanya lancar," ujarnya.

Meskipun demikian ia berharap setelah pulang ke daerahnya tidak lupa dengan pendidikan dan pelatihan yang sudah diberikan oleh para pemateri. "Ini merupakan program yang sangat luar biasa, program pertama kali ini telah kita jalankan dan laksanakan penuh tanggung jawab," ucapnya.

Ia juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh pihak yang sudah mendukung dan mengapresiasi terselenggaranya program Paskibra dibawah asuhan BPIP. "Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Presiden, seluruh pimpinan BPIP, Kementerian dan Lembaga Pemerintah maupun Swasta, tidak lupa paling utama kepada pamong atau pengasuh dan pelatih yang sudah bekerja keras," ujarnya.

Paskibraka perwakian Papua Bara Carrolean Domenique mengucapkan terima kasih kepada BPIP yang telah mendidik dan melatih menjadi seorang Paskibraka yang memiliki karakter Pancasila. "Saya bersyukur, tidak hanya dilatih PBB, tetapi saat ini telah penuh semangat dengan karakter Pancasila," ujarnya.

Ia bahkan setelah kembalinya ke Daerah akan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hati di lingungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakat. "Pasti ka, pulang dari sini saya akan selalu berperilaku baik terutama dalam mengamalkan nilai-nilai Pancasila seperti yang telah didapatkan selama satu bulan Pendidikan dan Pelatihan," paparnya.

Ia juga berpesan kepada teman-temannya dan panitia untuk tetap berkomunikasi baik, karena pelepasan tersebut bukan berarti berpisah dalam melaksanakan tugasnya sebagai Paskibraka dan Duta Pancasila.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement