Ahad 28 Aug 2022 09:02 WIB

Panitia B20 Summit 2022 Ajak Mahasiswa Gabung Jadi Relawan 

Panitia B20 Summit memanggil sejumlah pihak terlibat sebagai relawan

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Nashih Nashrullah
Ketua Penyelenggara B20 Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani, memanggil sejumlah pihak terlibat sebagai relawan termasuk mahasiswa.
Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Ketua Penyelenggara B20 Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani, memanggil sejumlah pihak terlibat sebagai relawan termasuk mahasiswa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ketua Penyelenggara B20 Indonesia, Shinta Widjaja Kamdani, mengajak mahasiswa untuk menjadi relawan B20 Summit 2022. 

Melalui kegiatan tersebut, kata dia, para mahasiswa akan mendapatkan banyak pengalaman karena akan ada sejumlah kegiatan yang melibatkan para partisipan di B20.

Baca Juga

"Pada kesempatan ini saya juga ingin mengundang teman-teman mahasiswa di sini, yang mau bergabung ke B20 kebetulan kami sekarang juga sedang merekrut para relawan untuk B20 untuk Summit kami nanti di bulan November. Kalau ada yang berminat jadi relawan kita mengundang untuk mengikuti proses berikut daripada relawan untuk B20," ujar Shinta saat membuka Seminar B20 di Universitas Pelita Harapann (UPH), Karawaci, Tangerang, Sabtu (27/8/2022).

Menurut dia, dalam rangkaian kegiatan B20 Summit 2022 nanti akan banyak pihak yang hadir. Ada sejumlah rangkaian kegiatan baik sebelum dan sesudah B20 Summit 2022 yang akan melibatkan banyak pihak dan para partisipan B20.

Keterlibatan mahasiswa, kata dia, menjadi salah satu bukti presidensi G20, dan B20 di dalamnya, merupakan milik seluruh masyarakat Indonesia, bukan hanya milik pemerintah atau pebisnis saja.

"Ini kesempatan bahwa kita semua yang jadi host ini bukan hanya pebisnis maupun pemerintah. Tapi kita semua, masyarakat Indonesia adalah host daripada G20 dan B20. Oleh karenanya kami mau mengundang teman-teman untuk juga bersama-sama kami untuk nantinya berinteraksi dengan para partisipan di B20," jelas dia.

Sementara itu, Executive Director Yayasan Pendidikan Pelita Harapan (YPPH), Stephanie Riady, menyampaikan, UPH merupakan mitra yang terpilih untuk mendukung presidensi G20 Indonesia melalui G20 Studies Center. Di mana hal itu merupakan kolaborasi antara UPH dengan Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

"Untuk mendukung presidensi G20 Indonesia, UPH telah melakukan serangkaian kegiatan. Seperti seminar dan webinar dengan berbagai mitra terkait G20, kegiatan mahasiswa, dan penelitian untuk mendukung kebijakan berbasis penelitian," jelas dia.

Karena itu, UPH menyambut baik kegiatan bersama dengan B20, seperti salah satunya B20 Goes to Campus. Acara B20, kata dia, diselenggarakan dalam rangkaian acara UPH Festival 2022 dengan tema "Change Mind and Heart". 

UPH Festival dilaksanakan dengan tujuan untuk menyambut tahun baru dengan awal yang baik, bukan dengan acara pelonco, bukan juga dengan hal-hal administratif.

"Semua ini bertujuan untuk menunjukkan bahwa UPH bukan saja tempat di mana seseorang bisa mendapatkan ilmu pengetahuan, tapi di mana you can be transformed holisticly di dalam seluruh segi hidup. Akademis, profesional, spiritual, emosional, dan tentu kesehatan jasmani," jelas dia.   

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement