Sabtu 27 Aug 2022 08:01 WIB

Merasa Kembung Setelah Olahraga? Mungkin Ini Penyebabnya

Tak sedikit orang yang merasa kembung setelah olahraga.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Tak sedikit orang yang merasa kembung setelah olahraga.
Foto: www.pixahive.com
Tak sedikit orang yang merasa kembung setelah olahraga.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Merasa lelah dan berkeringat setelah olahraga merupakan hal yang umum terjadi. Namun, ada pula orang-orang mungkin merasa kembung dan tak nyaman setelah berolahraga. Apa penyebabnya?

Menurut ahli gizi klinis dan pakar pencernaan, Lee Holmes, rasa kembung setelah berolahraga bisa dipicu oleh beragam hal. Namun secara umum, rasa kembung setelah berolahraga ini sebenarnya merupakan hal yang normal dan umum.

Baca Juga

Holmes mengungkapkan bahwa setidaknya ada lima hal yang dapat membuat orang-orang merasa kembung setelah berolahraga. Berikut ini adalah kelima hal tersebut, seperti dilansir Tom's Guide, Sabtu (27/8/2022).

 

Dehidrasi

Ketika seseorang tidak cukup minum beberapa jam sebelum olahraga, dia mungkin akan mengalami dehidrasi saat berolahraga. Dehidrasi ini dapat memicu keluhan kembung.

 

"Ketika kita dehidrasi, lambung kita berusaha untuk mengompensasinya dengan cara menahan lebih banyak cairan," ujar Holmes.

 

Hidrasi Berlebih

Minum terlalu banyak saat berolahraga juga ternyata bisa memicu keluhan kembung. Asupan air putih yang terlalu banyak saat berolahraga bisa mengencerkan kadar sodium di dalam tubuh.

"Menyebabkan sel-sel kita menahan lebih banyak air lalu menyebabkan kembung dan bengkak," jelas Holmes.

 

Bernapas Lebih Banyak

Merupakan hal yang normal ketika seseorang bernapas lebih banyak seiring dengan meningkatnya detak jantung ketika berolahraga. Akan tetapi, terkadang sebagian udara yang dihirup tertelan masuk ke dalam saluran pencernaan. Udara yang masuk ke saluran pencernaan inilah yang bisa memicu rasa kembung.

 

Pemulihan Setelah Olahraga

Rasa kembung tak selalu berarti buruk. Keluhan ini bisa muncul ketika tubuh sedang memperbaiki peradangan yang terjadi setelah berolahraga. Perbaikan ini dilakukan dengan cara mengirimkan cairan ekstra ke jaringan-jaringan otot.

"Meski penting untuk pemulihan, ini bisa membuat Anda merasa berat dan kembung," jelas Holmes.

 

Makan Terlalu Dekat dengan Waktu Olahraga

Berolahraga sesaat setelah makan bisa memunculkan rasa kembung. Alasannya, tubuh akan didorong untuk melakukan banyak tugas sekaligus, yaitu mencerna makanan dan mengirimkan darah ke otot-otot. Hal ini dapat membuat pencernaan menjadi lamban dan membuat mikroba di usus melepaskan lebih banyak gas demi memecah makanan.

 

Kiat Meredakan Kembung

Untuk mengembalikan keseimbangan cairan, hal yang bisa dilakukan adalah mengembalikan cairan yang hilang dengan meminum banyak air. Minum tiga gelas air secara perlahan untuk mencegah tertelannya udara saat minum.

Hal lain yang direkomendasikan Holmes adalah menghindari cemilan berlemak, berlemak, atau berserat tinggi serta makan besar setelah berolahraga. Makanan yang sebaiknya dikonsumsi sesaat setelah berolahraga adalah karbohidrat sederhana dan protein seperti yoghurt greek, telur, atau daging tidak berlemak. Makanan seperti ini cenderung lebih mudah untuk dicerna tubuh.

Melakukan peregangan juga dapat membantu meredakan kembung setelah berolahraga. Salah satunya adalah dengan melakukan gerakan yoga uttanasana di mana kaki berdiri tegak namun tubuh membungkuk ke bawah atau melakukan gerakan seated twist. Peregangan ini dapat membantu menggerakkan saluran cerna dan meringankan kembung.

 

Cara Mencegah Kembung

Salah satu yang perlu dilakukan untuk mencegah kembung setelah berolahraga adalah mengonsumsi makanan sekitar 2-3 jam sebelum olahraga agar tubuh memiliki waktu untuk mencerna makan terlebih dahulu. Holmes juga menganjurkan minum air putih sekitar 30-60 menit sebelum mulai berolahraga. Bila ingin minum saat berolahraga, Holmes menganjurkan agar minum dilakukan secara perlahan.

Latihan bernapas pun dapat membantu mencegah kembung. Coba latih cara bernapas agar tetap stabil agar tak banyak udara yang tertelan saat olahraga.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement