Sabtu 27 Aug 2022 06:16 WIB

Enam Nutrisi Utama untuk Tingkatkan Kesehatan Usus

Fungsi usus sangat kompleks dan membutuhkan sejumlah nutrisi.

Rep: Haura Hafizah/ Red: Muhammad Hafil
Kebiasaan makan kaya nutrisi dengan makanan utuh bisa mendukung pertumbuhan mikroba baik di usus (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com.
Kebiasaan makan kaya nutrisi dengan makanan utuh bisa mendukung pertumbuhan mikroba baik di usus (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fungsi usus sangat kompleks dan membutuhkan sejumlah nutrisi berbeda secara teratur. Seperti probiotik membantu mendukung penyerapan nutrisi, sementara vitamin C berperan dalam meningkatkan fungsi kekebalan tubuh yang sehat dan magnesium membantu fungsi otot dan meningkatkan eliminasi yang sehat.

Dilansir dari hindustantimes pada Jumat (26/8/2022), sangat penting untuk mengetahui nutrisi penting dan bagaimana mereka mempromosikan usus yang sehat.

Baca Juga

Berikut enam nutrisi utama untuk tingkatkan kesehatan usus yaitu :

1. Probiotik SBO

Probiotik SBO (organisme berbasis tanah) adalah jenis probiotik tertentu yang ditemukan di tanah yang dianggap "keras" dan toleran terhadap kondisi perut yang keras. Probiotik mendukung banyak fungsi di usus, termasuk penyerapan nutrisi, sistem kekebalan tubuh yang sehat, eliminasi, pencernaan, dan banyak lagi. Makanan fermentasi adalah sumber probiotik terbaik, termasuk yoghurt, kefir, amasi, kombucha, kimchi, dan asinan kubis. Sebagian besar anak-anak dan orang dewasa dapat memperoleh manfaat dari suplemen probiotik harian, yang sering dikonsumsi dalam bentuk kapsul.

2. Magnesium

Magnesium adalah mineral elektrolit yang digunakan tubuh untuk lebih dari 300 fungsi berbeda. Mineral ini meningkatkan fungsi usus yang sehat & mendukung eliminasi yang sehat. Sumber terbaik termasuk sayuran hijau, kacang-kacangan, biji-bijian, kacang-kacangan, biji-bijian, bibit gandum, gandum & dedak gandum. Anda dapat memilih untuk mengonsumsi suplemen magnesium setiap hari, baik dalam bentuk kapsul atau bubuk, atau formula pendukung usus yang mengandung magnesium plus suplemen usus lainnya.

3. Kolagen

Kolagen adalah protein struktural yang membantu, membangun dan mempromosikan jaringan ikat yang sehat, termasuk yang membentuk lapisan usus. Memiliki mikrobioma usus yang sehat berarti Anda dapat mempertahankan penghalang usus yang sehat. Ini mendukung fungsi kekebalan tubuh yang sehat, pencernaan, penyerapan nutrisi dan eliminasi.

Sumber Kolagen terbesar adalah kaldu tulang. Ini tidak tersedia secara luas dalam makanan lain, tetapi mengonsumsi makanan seimbang dengan protein dan antioksidan membantu tubuh Anda mensintesis kolagennya.

4. Vitamin C

Vitamin C membantu tubuh mensintesis kolagen, yang membentuk jaringan ikat yang meningkatkan kesehatan lapisan usus. Vitamin C adalah nutrisi penting yang tidak ingin Anda kekurangan untuk mendukung pencernaan dan kesehatan usus. Sumber vitamin C terbaik termasuk kiwi, buah jeruk, sayuran hijau seperti bayam dan kangkung, semua jenis beri, nanas, mangga, paprika, dan sayuran seperti brokoli. Anda dapat mengonsumsi suplemen vitamin C dengan atau tanpa makanan, kapan saja sepanjang hari.

5. Seng

Seng secara fungsional terlibat dalam ratusan fungsi enzimatik dalam tubuh dan dianggap sebagai mineral penting yang kedua setelah besi dalam hal konsentrasi. Seng membantu mendukung penghalang usus normal, mikrobioma seimbang dan membantu memecah karbohidrat yang memasok energi ke tubuh. Seng ditemukan dalam daging merah, daging organ, unggas, kacang-kacangan, kacang-kacangan, makanan laut, biji-bijian & produk susu. Lebih suka seng yang diaktifkan enzim, yang lebih mudah dicerna dan digunakan.

6. Vitamin D

Vitamin D mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh yang sehat dan integritas usus. Anda membutuhkan vitamin D yang cukup untuk mempertahankan tingkat peradangan yang normal dan untuk meningkatkan pertahanan kekebalan yang sehat. Vitamin D dapat ditemukan dalam telur, ikan seperti salmon dan sarden, jeroan, produk susu yang diperkaya termasuk susu dan keju serta beberapa jamur. Cari suplemen D3. Ini dianggap sebagai jenis vitamin D yang lebih mudah diserap dibandingkan dengan D2. Anda harus mengonsumsi vitamin D saat makan karena merupakan nutrisi yang larut dalam lemak.

Sumber:

https://www.hindustantimes.com/lifestyle/health/6-key-nutrients-to-boost-your-gut-health-101661327646054-amp.html

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement