Jumat 26 Aug 2022 23:22 WIB

Dimasuki Menteri Muslim, Kuil Hindu di Bihar India Disucikan

Masuknya non-Hindu sangat dilarang di dalam kuil Wisnupad.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil
 Masuknya non-Hindu sangat dilarang di dalam kuil Wisnupad. Foto:  Sadhus berjalan di jalan menjelang upacara peletakan batu pertama sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Ram di Ayodhya, di negara bagian Uttar Pradesh, India, Selasa, 4 Agustus 2020. Upacara peletakan batu pertama hari Rabu mengikuti keputusan Mahkamah Agung India November lalu mendukung pembangunan kuil Hindu di situs sengketa di negara bagian Uttar Pradesh. Orang Hindu percaya bahwa dewa mereka, Ram, lahir di lokasi itu dan mengklaim bahwa Kaisar Muslim Babur membangun sebuah masjid di atas sebuah kuil di sana. Masjid Babri abad ke-16 dihancurkan oleh kelompok Hindu garis keras pada bulan Desember 1992, memicu kekerasan besar-besaran Hindu-Muslim yang menewaskan sekitar 2.000 orang.
Foto: AP/Rajesh Kumar Singh
Masuknya non-Hindu sangat dilarang di dalam kuil Wisnupad. Foto: Sadhus berjalan di jalan menjelang upacara peletakan batu pertama sebuah kuil yang didedikasikan untuk dewa Hindu Ram di Ayodhya, di negara bagian Uttar Pradesh, India, Selasa, 4 Agustus 2020. Upacara peletakan batu pertama hari Rabu mengikuti keputusan Mahkamah Agung India November lalu mendukung pembangunan kuil Hindu di situs sengketa di negara bagian Uttar Pradesh. Orang Hindu percaya bahwa dewa mereka, Ram, lahir di lokasi itu dan mengklaim bahwa Kaisar Muslim Babur membangun sebuah masjid di atas sebuah kuil di sana. Masjid Babri abad ke-16 dihancurkan oleh kelompok Hindu garis keras pada bulan Desember 1992, memicu kekerasan besar-besaran Hindu-Muslim yang menewaskan sekitar 2.000 orang.

REPUBLIKA.CO.ID,BIHAR–Sebuah prosesi ritual penyucian kuil Wisnupad Gaya di negara bagian Bihar, India dilakukan pada Rabu (24/8/2022). Tindakan dini dilakukan setelah Menteri dari komunitas Muslim masuk ke tempat suci bersama dengan Ketua Menteri Nitish Kumar pada 22 Agustus untuk berdoa.

Pengurus kuil mencuci bangunan kuil dan juga menuntut pencopotan Menteri dari Kabinet Mr. Kumar. Para pemimpin BJP Negara Bagian, sebelumnya, juga telah menuntut 'permintaan maaf publik' dari Ketua Menteri karena membawa seorang non-Hindu ke dalam kuil garbh-grih (sanctum sanctorum).

Baca Juga

Masuknya non-Hindu sangat dilarang di dalam kuil Wisnupad yang terkenal di dunia di mana orang-orang mengunjungi untuk berdoa setelah mempersembahkan pind dan leluhur mereka di tepi sungai Falgu. Padahal larangan tersebut telah ditulis dengan huruf tebal di dinding candi.

“Ada banyak kebencian di antara panda samaj (komunitas imam) di sini setelah kunjungan seorang Menteri dari komunitas non-Hindu bersama dengan Ketua Menteri Nitish Kumar. Pemurnian candi telah dilakukan dengan semua ritual dan doa, sambil mencuci tempat dengan air," kata ketua komite pengelolaan kuil Shambhulal Vitthal yang juga menuntut pemecatan Menteri dari jabatannya dilansir dari The Hindu, Kamis (25/8/2022).

 

Sebanyak 20-21 panda (pendeta) hadir dan ikut serta dalam doa penyucian, katanya. Sebelumnya pada 22 Agustus, Menteri Informasi dan Teknologi Bihar Mohd. Israil Mansuri telah memasuki sanctum sanctorum kuil Wisnupad yang terkenal bersama dengan Ketua Menteri Nitish Kumar, yang sedang berkunjung ke Gaya untuk melihat persiapan pitrapaksha mela tahunan (adil untuk kesejahteraan leluhur).

Menteri yang baru-baru ini diangkat sebagai pihak (JD-U) yang bertanggung jawab atas distrik tersebut, menemani Ketua Menteri Nitish Kumar ke sanctum sanctorum kuil dan berdoa.

“Kebetulan saya mendapat kesempatan untuk masuk ke kuil Wisnupad bersama dengan Ketua Menteri Nitish Kumar tapi saya merasa terhormat bisa masuk ke dalam kuil”, kata Menteri setelah kunjungannya ke kuil.

“Sejak Tuan Mansuri menjadi Menteri untuk pertama kalinya, tidak ada yang mengenalinya ketika dia masuk ke tempat suci kuil. Telah terjadi untuk pertama kalinya bahwa seorang non-Hindu masuk ke dalam kuil,"kata kata Tuan Vitthal

Belakangan, para pemimpin BJP Negara memicu keributan atas kunjungan Menteri ke kuil Wisnupad dan menuntut “permintaan maaf publik” dari Ketua Menteri.

“Kami menuntut permintaan maaf publik dari Ketua Menteri Nitish Kumar karena membawa Mohd. Israil Mansuri ke kuil Wisnupad dimana masuknya non-Hindu dilarang. Bisakah dia (Pak Kumar) berpikir untuk menginjakkan kakinya di Mekah? Jika Ketua Menteri menolak untuk meminta maaf, dia harus siap untuk protes dari pekerja BJP di mana-mana, termasuk Majelis Negara”, kata Presiden BJP Negara Sanjay Jaiswal.

Pemimpin BJP lainnya dan partai MLA Haribhushan Thakur juga mempertanyakan masuknya Menteri Mohd. Israil Mansuri ke kuil Wisnupad Gaya. “Kalau di dinding candi tertulis bahwa orang non-Hindu dilarang masuk bagaimana Pak Menteri bisa membawa Menterinya dari komunitas agama lain ke sana? Itu telah melukai perasaan umat Hindu”, kata Pak Thakur. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement