Saturday, 9 Jumadil Awwal 1444 / 03 December 2022

Harga Cabai Rawit Merah di Jakarta Turun Hingga 50 Persen

Sabtu 27 Aug 2022 01:50 WIB

Red: Nora Azizah

Saat ini, harga cabai rawit merah Rp 50.000 per kilogram di pasar Jakarta Barat.

Saat ini, harga cabai rawit merah Rp 50.000 per kilogram di pasar Jakarta Barat.

Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Saat ini, harga cabai rawit merah Rp 50.000 per kilogram di pasar Jakarta Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Harga cabai rawit merah di Pasar Slipi, Jakarta Barat, turun 50 persen menjadi Rp50.000 ribu dibanding pada Juni 2022 mencapai Rp100 ribu per kilogram (kg) yang merupakan harga tertinggi dalam delapan bulan terakhir. "Sekarang harganya Rp45.000 sampai Rp50.000 per kilogram. Lebih murah dari bulan Juni," kata Sri, seorang pedagang cabai saat ditemui di Pasar Slipi, Jumat (26/8/2022).

Menurut Sri, turunnya harga cabai rawit merah disebabkan banyaknya pasokan dari petani cabai di beberapa wilayah di Pulau Jawa. Walaupun harga cabai rawit merah turun, Sri mengaku penjualan cabai rawit merah per harinya tidak terlalu tinggi. Hal tersebut karenawarga lebih memilih membeli cabai di pengecer dibandingkan ke pasar.

Baca Juga

"Kalau harga pas tinggi, warga enggak beli ke pengecer tapi langsung beli ke kita di pasar. Jadi ya sama saja," kata dia.

Hal yang sama juga dikatakan Halimah, pedagang cabai di pasar di kawasan Palmerahitu. Dia juga mengakui adanya penurunan harga cabai beberapa Minggu terakhir. Namun, berbeda dengan Sri, Halimah mengaku ada kenaikan penjualan harga cabai jika dibandingkan dengan bulan Juni 2022.

"Ya sekarang beli sudah setengah atau seperempat kilo lagi. Sehari bisa lebih dari lima kilogram," kata dia.

Dia berharap, kondisi ini terus berlanjut agar warga tidak kesulitan membeli dan pedagang tidak kesusahan dalam menjual cabai rawit merah setiap harinya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA