Jumat 26 Aug 2022 14:42 WIB

Enam Keunggulan Prodi Perhotelan UNM yang Dibutuhkan Dunia Industri

Mahasiswa Prodi Perhotelan UNM banyak praktik sehingga siap menghadapi dunia kerja

Mahasiswa Prodi Perhotelan UNM banyak praktik sehingga siap menghadapi dunia kerja.
Foto: Istimewa
Mahasiswa Prodi Perhotelan UNM banyak praktik sehingga siap menghadapi dunia kerja.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Lulus kuliah kemudian langsung bekerja menjadi harapan semua alumni perguruan tinggi. Namun kenyataannya tidak semua lulusan perguruan tinggi seberuntung itu. Dalam dunia kerja, tak sedikit lowongan yang dibuka hanya untuk kandidat yang memiliki keahlian tertentu.

Jadi, jangan berharap cepat mendapat pekerjaan apabila lulusan perguruan tinggi tak memiliki keahlian. Di Universitas Nusa Mandiri (UNM) semua mahasiswa sudah dibekali dengan berbagai sertifikasi kompetensi sesuai dengan bidang keahlian masing-masing.

Baca Juga

Seperti saat masuk Program Studi (Prodi) Perhotelan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Nusa Mandiri (UNM), mahasiswanya dibekali banyak mata kuliah praktik. Menurut Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UNM Ida Zuinarti, banyaknya praktik bisa menjadi bekal keahlian yang membuat lulusan UNM jadi kandidat mumpuni.

Selain itu, menurutnya ada enam keunggulan Prodi Perhotelan yang akan sangat dibutuhkan dunia industri dan kerja. “Lulusan Prodi Perhotelan punya keunggulan yang tak ada di jurusan lain,” ujar Ida. Berikut enam keunggulan Prodi Perhotelan yang dibutuhkan dunia industri dan dunia kerja:

1. Punya Manajemen Hotel

Kemampuan manajerial diajarkan dalam Prodi Perhotelan khususnya dalam hal manajemen hotel sehingga lulusannya dapat bekerja dalam struktur manajemen hotel. Manajemen hotel ini masuk dalam bagian hotel yang bertanggung jawab atas segala hal yang berkaitan dengan operasional hotel.

2. Berjiwa Entrepreneur Sejati dalam Bidang Bisnis MICE

Di Indonesia, peluang MICE (Meeting, Incentive, Conference, and Exhibition) terlihat semakin menjanjikan mengikuti industri tingkat dunia yang sudah lebih dahulu mengenal MICE sebagai usaha bisnis yang menjanjikan. Prodi Perhotelan UNM saat ini telah membekali kemampuan mahasiswanya dalam bidang bisnis MICE sehingga nantinya mahasiswa dapat bersaing dalam bisnis MICE.

3. Kompeten

Lulusan Prodi Perhotelan UNM sudah dibekali juga dengan ilmu pengetahuan yang profesional guna menghadapi tantangan pasar. Lulusan dibekali dengan berbagai pengetahuan dan wawasan yang kompeten di bidang perhotelan. Mereka juga dibekali dengan berbagai sertifikat keahlian yang berlisensi resmi. 

4. Memiliki Kemampuan Komunikasi

Bekal kemampuan yang juga penting untuk bekerja di hotel yakni keterampilan komunikasi. Untuk mengasah keterampilan berkomunikasi, mahasiswa harus sering-sering berinteraksi dengan orang dari dengan beragam latar belakang dan karakter.

Dengan begitu, mahasiswa bisa menyesuaikan diri saat berkomunikasi dan menyampaikan pesan dengan baik. Kemampuan komunikasi ini juga diperlukan dalam sebuah ekosistem kerja tim atau ketika melayani tamu hotel.

5. Menguasai Bahasa Asing

Kemampuan bahasa asing dibutuhkan untuk beberapa posisi seperti GRO (Guest Relation Officer) atau FDA (Front Desk Agent). Namun keterampilan dasar bahasa asing juga diperlukan untuk posisi lain, baik lisan maupun tulisan.

Bahasa asing yang kini banyak dibutuhkan industri perhotelan yakni Bahasa Inggris dan Mandarin. Mahasiswa bisa melatih dan meningkatkan kemampuan bahasa dengan mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan bahasa asing.

6. Etika Profesi

Etika profesi secara umum dipahami sebagai aturan atau cara kerja yang dilakukan oleh karyawan dalam melaksanakan tugas. Manajemen hotel pasti mengharapkan setiap karyawan bisa menunjukkan kualitas kerja dengan etika profesi yang baik. 

Etika profesi meliputi kedisiplinan kerja dan etos kerja yang dilihat dari cara menghadapi tekanan, inisiatif, tanggung jawab, dan sopan santun baik dalam lingkup pekerja maupun tamu hotel.

Itulah lima keunggulan yang dimiliki mahasiswa prodi Perhotelan, yang menjadi peran utama hadirkan kunci sukses untuk bisa berkarier di industri perhotelan.

 

“Lima keunggulan tersebut sudah dimiliki oleh lulusan prodi Perhotelan UNM, sehingga lulusan akan lebih siap menghadapi tantangan baru masa depan,” tutup Elyana.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement