Jumat 26 Aug 2022 12:54 WIB

Suhu Air Terbaik untuk Mencuci Muka, Jangan Keliru

Air apa yang terbaik untuk mencuci muka: air hangat, dingin, atau panas?

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Suhu air terbaik untuk mencuci muka. (ilustrasi)
Foto: www.freepik.com
Suhu air terbaik untuk mencuci muka. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anda mungkin memakai banyak produk skincare untuk mendapatkan wajah glowing dan sehat. Namun ada satu hal paling mendasar yang jarang dilakukan padahal hal itu sangat penting, yaitu berapa suhu air yang ideal untuk mencuci muka. Apakah air hangat, dingin, atau panas?

Dokter spesialis kulit asal India, dr Geetika Mittal Gupta, mengatakan, mencuci muka dengan air yang terlalu panas bisa membuat kulit menjadi kering, menyebabkan skin barrier, dan meningkatkan sensitivitas kulit.

Baca Juga

“Jika kulit terpapar air yang terlalu panas maka dapat mengeringkan minyak alami yang ada di kulit yang dapat memicu kerutan dini. Suhu air yang terlampau panas juga akan membuat wajah Anda tampak merah,” kata dr Gupta seperti dilansir The Indian Express, Jumat (26/8/2022).

Lalu bagaimana dengan air dingin? Mencuci muka dengan air dingin diyakini memiliki banyak manfaat, termasuk membantu membersihkan kelebihan minyak yang menumpuk di kulit dan menghilangkan puffy eyes setelah bangun tidur.

Meski demikian, menurut dr Gupta, menggunakan air dingin untuk mencuci muka juga bisa memicu masalah seperti bisa menyebabkan penyempitan pembuluh darah di kulit. “Satu-satunya manfaat air dingin adalah membantu Anda merasa lebih segar ketika bangun pada pagi hari,” kata dia.

Dr Gupta mengatakan, air hangat adalah suhu air paling ideal untuk mencuci muka. Ia menyarankan untuk mencuci muka dengan air hangat setiap pagi dan malam untuk menghilangkan semua kotoran, minyak, makeup, serta menjaga kulit bebas dari potensi breakout.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement