Jumat 26 Aug 2022 08:15 WIB

Citigroup akan Tutup Bisnis Perbankan Konsumen dan Komersial di Rusia

Penutupan itu akan memengaruhi sekitar 2.300 dari 3.000 karyawan Citi di Rusia.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Citibank
Foto: news.nationalpost.com
Citibank

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Raksasa Wall Street Citigroup Inc (C.N) akan menutup bisnis perbankan konsumen dan komersial di Rusia mulai kuartal ini. Hal ini memperkirakan akan dikenakan biaya sekitar 170 juta dolar AS selama 18 bulan ke depan.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Jumat (26/8/2022) Bank AS dengan kehadiran terbesar di Rusia mengumumkan rencana pada April 2021 untuk meninggalkan bisnis ritel sebagai bagian dari keberangkatan yang lebih luas dari beberapa pasar luar negeri. Hal ini memperluas cakupan keluar itu pada Maret untuk memasukkan perbankan komersial lokal setelah invasi Rusia ke Ukraina, tetapi tidak dapat menemukan pembeli kedua bisnis tersebut.

Baca Juga

Penutupan itu akan mempengaruhi sekitar 2.300 dari 3.000 karyawan Citi di Rusia di 15 cabang. Citi bergabung dengan pemain utama Wall Street lainnya yang juga telah menutup atau mengumumkan rencana untuk menutup operasi di Rusia, sejalan dengan sanksi yang dijatuhkan oleh negara-negara Barat.

"Ini tampaknya menjadi langkah yang baik. Itu karena pinjaman di Rusia berisiko tinggi dan negara itu mungkin mengalami kemerosotan ekonomi yang parah karena sanksi ekonomi,” ujar Kepala investasi Ironhold Capital di New York Siddharth Singhai. 

Saham Citigroup naik 1,3 persen menjadi 51,68 dolar AS pada awal perdagangan. Bank telah mengungkapkan eksposur Rusia sebesar 8,4 miliar dolar AS pada akhir kuartal kedua, turun dari 9,8 miliar dolar AS pada akhir 2021. Tercatat sekitar satu miliar dolar AS dari eksposur itu terkait dengan konsumen dan bisnis perbankan komersial lokal.

Ahli Strategi Ekuitas di Morningstar Eric Compton mengatakan eksposur Citi semua posisi luar biasa yang terkait dengan Rusia, berbeda dari penutupan kantor dan pelepasan karyawan. "Hasil utama adalah pertama, kejelasan tambahan untuk bank saat mereka mencapai titik akhir akhir salah satu unit lain yang telah mereka coba singkirkan, dan dua, kita sekarang tahu akan ada sekitar 170 juta dolar AS biaya yang terkait dengan angin turun,” katanya.

“Bank memproyeksikan pengeluaran lebih dari 50 miliar dolar AS pada 2022, ini adalah kesalahan pembulatan,” ucapnya.

CEO Citi Legacy Franchise Titi Cole menambahkan pihaknya telah menjajaki beberapa opsi strategis untuk menjual bisnis ini selama beberapa bulan terakhir. "Jelas bahwa jalur angin-turun paling masuk akal mengingat banyak faktor rumit di lingkungan. Keluarnya akan mempengaruhi rekening deposito, investasi, pinjaman dan kartu,” ucapnya.

Chief Executive Jane Fraser, yang memimpin tahun lalu, telah bergerak untuk menyederhanakan raksasa Wall Street, yang telah menyusutkan jejaknya di luar negeri dengan keluar dari pasar non-inti, baru-baru ini mengumumkan perjanjian untuk menjual bisnis konsumennya di Bahrain dan India.

Citigroup juga mengatakan pada hari Kamis bahwa pihaknya akan terus mendukung klien institusional multinasionalnya, terutama mereka yang sedang menjalani tugas kompleks untuk menghentikan operasi mereka di Rusia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement