Kamis 25 Aug 2022 22:04 WIB

Wasir Vs Kanker, Bagaimana Membedakan Gejalanya?

Wasir dan jenis kanker tertentu dapat memiliki gejala yang serupa.

Rep: Desy Susilawati/ Red: Reiny Dwinanda
Terlalu lama duduk saat WFH, hati-hati wasir menyerang. Wasir dan kanker dapat mendatangkan gejala yang serupa.
Foto: Republika
Terlalu lama duduk saat WFH, hati-hati wasir menyerang. Wasir dan kanker dapat mendatangkan gejala yang serupa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wasir dan kanker dapat memiliki gejala yang sama sehingga mengetahui perbedaan antara keduanya adalah penting. Cari tahu semua perbedaannya dan apa yang harus dilakukan jika Anda merasa memiliki gejalanya.

Dilansir dari laman The Sun, Kamis (25/8/2022), wasir alias hemoroid atau ambeien adalah benjolan di dalam dan di sekitar anus. Ini adalah pembuluh darah bengkak yang bisa menjadi iritasi dan mulai berdarah, sakit, atau gatal.

Baca Juga

Siapa pun dapat mengalami wasir, tetapi risikonya cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Wasir sering kali membaik dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Akan tetapi, jika khawatir, Anda dapat mengonsultasikannya ke dokter. Ada beberapa gejala wasir yang menurut National Health Service (NHS) di INggris.

"Adanya darah merah cerah yang keluar setelah Anda buang air besar, anus yang gatal, merasa seperti harus buang air besar lagi, ada lendir di celana atau di tisu toilet setelah menyeka bokong, dan juga ada benjolan serta sakit di sekitar anus," kata NHS.

NHS menyebutkan cara mengobati dan mencegah wasir adalah dengan minum banyak cairan dan makan banyak serat agar kotoran Anda tetap lembut. Jangan lupa bersihkan anus dengan saksama. Jika nyeri melanda, minum parasetamol.

Anda bisa juga mandi air hangat untuk mengurangi rasa gatal dan nyeri dan gunakan kompres es yang dibungkus handuk untuk meredakan ketidaknyamanan. Selain itu, dorong benjolan dengan lembut kembali ke dalam.

"Jaga bagian bawah Anda bersih dan kering," kata NHS.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement